, ,

Menapak Tilas Sejarah Jakarta Lewat Wisata Museum Bersama Cindra Prasasti

Jakarta, bisa dibilang daerah khusus ibu kota ini adalah pusat dari segalanya di Indonesia saat ini. Pusat pemerintahan, pusat bisnis, dan bahkan pusat atensi. Untuk yang terakhir disebutkan bahkan sedang dalam puncak suhu tertinggi karena ada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta yang dramanya bahkan tersebar ke hampir seluruh penjuru Indonesia. Ya, Jakarta memang punya daya tarik sebesar itu.
Seperti kota-kota besar lainnya, Jakarta pun punya berbagai macam cerita dan sejarah. Jakarta memang dikenal dengan gedung-gedung tinggi dan mall-mall megah. Namun, jika kamu berpikir bahwa Jakarta hanya tentang itu, kamu salah besar. Jakarta juga punya banyak peninggalan sejarah yang tidak habis untuk diceritakan. Bahkan jauh dari kata cukup untuk membuatmu memesan hotel atau pergi memesan jasa sewa mobil di Jakarta untuk berkeliling.

Seperti halnya Sobat Tiket yang satu ini, Cindra Prasasti, yang punya cerita tentang bagaimana menelusuri jejak sejarah Kota Jakarta yang penuh dengan cerita dan drama. Ya, apalagi kalau bukan pergi tur museum. Selain gedung tinggi dan megah, Jakarta juga dikenal dengan museum-museum keren yang bisa kamu kunjungi di hari libur. Nah, kira-kira, apa saja yah museum-museum keren tersebut?

1. Museum Satria Mandala
Terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Museum Satria Mandala punya banyak koleksi pesawat dan alat-alat militer yang pernah dimiliki negara ini. Tidak hanya itu, di tempat ini juga tersedia semua foto Presiden Indonesia dari masa ke masa. Selain itu, diluar koleksi sejarah yang dimiliki, pekarangan Museum Satria Mandala melalui Poster Cafe juga pernah menjadi saksi sejarah tentang perkembangan budaya musik indie di Jakarta pada era akhir 90-an.

satman

Jika Sobat Tiket ingin mengajak keponakan atau anak-anak ke tempat ini, cocok banget. Karena tempat ini selain bisa menjadi sarana rekreasi, juga bisa dijadikan tempat belajar tentang sejarah militer Indonesia.

2. Monumen Nasional
Kata orang, belum sah mencapai Jakarta jika kamu belum menginjakkan kaki di Monumen Nasional (Monas). Ya, tempat ini adalah tempat yang ikonik, yang menjadi landmark Kota Jakarta. Tidak hanya cantik, tempat ini juga punya banyak nilai sejarah tentang Kota Jakarta.

QuickMemo+_2017-03-12-20-08-09-1

Selain kamu bisa melihat Kota Jakarta dari ketinggian, di tempat ini kamu juga bisa melihat beberapa foto yang menunjukkan tentang sejarah Monas dan Kota Jakarta itu sendiri.

3. Museum Fatahillah
Museum Fatahillah bisa jadi adalah salah satu titik terpenting yang memuat begitu banyak hal tentang sejarah Jakarta. Terletak di kawasan Kota Tua, Museum Fatahillah menyimpan begitu banyak cerita bahkan sejak jaman penjajahan Belanda. Hal itu karena museum ini telah berdiri sejak jaman Belanda dan dahulu kala pernah dijadikan sebagai kantor pemerintahan Gubernur Belanda.

kotatua

Tidak hanya di Museum Fatahillah saja, kawasan di sekitar museum ini juga masih berbentuk seperti aslinya, alias seperti pada masa penjajahan Belanda. Di kawasan ini, kamu bisa menemukan dengan puas tentang tapak tilas Kota Jakarta dari masa ke masa.

4. Museum Gajah
Museum Gajah, apakah itu? Apakah sebuah museum yang berisikan tentang gajah? Sobat Tiket, tentu saja bukan. Tempat ini disebut Museum Gajah karena ada patung gajah di depan museum tersebut. Nama aslinya sih museum Nasional.

museum gajah

Di tempat ini, kamu bisa menemukan banyak barang-barang pra sejarah yang ditemukan di Indonesia. Jika Sobat Tiket suka banget sama segala hal di jaman pra sejarah, tempat ini mungkin bisa membuatmu betah dan langsung ingin memesan hotel di Jakarta untuk menginap. Tempat ini juga ramah bagi anak-anak dan kabarnya sudah diperluas dengan koleksi-koleksi terbaru.

Mau menjelajahi nusantara lebih jauh lagi? Klik Tiket.com aja!

[fbcomments]