Masjid Unik Indonesia

, ,

Masjid-Masjid Unik Indonesia Versi Tiket.com

Bulan Ramadan bukan berarti diisi hanya dengan berdiam diri di rumah. Anda tetap bisa traveling dan berkeliling mengunjungi masjid unik di Indonesia. Seperti saat mudik nanti, Anda bisa mengunjungi masjid-masjid ini sembari beristirahat disela-sela perjalanan ke kampung halaman. Mana saja masjid yang bisa Anda kunjungi, berikut ini daftarnya.

 Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang

Terletak di Kota Semarang Jawa Tengah, Masjid Agung Jawa Tengah berdiri diatas lahan mencapai 10 Hektar. Masjid dengan luas bangunan induk untuk shalat 7.669 meter persegi tersebut bargaya arsitektur perpaduan antara Jawa, Islam dan Romawi. Saat berada di Semarang, tidak ada salahnya Anda mampir ke masjid yang diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006. Masjid ini memiliki ciri tersendiri dengan 6 payung raksasa otomatis seperti yang terdapat di Masjid Nabawi. Tinggi dari masing masing payung elektrik tersebut adalah 20 meter dengan diameter 14 meter ini selalu dibuka dan digunakan tiap hari raya serta shalat jum’at.

7835948302_a6c60da3d7_z1

Temukan berbagai penginapan di Kota Semarang

Masjid Al-Irsyad, Bandung, Jawa Barat

Melintasi Bandung, Jawa Barat, Anda dapat singgah ke Masjid Al-Irsyad. Masjid yang diarsiteki oleh Ridwan Kamil memiliki bentuk seperti kubus besar laiknya bentuk bangunan Ka’bah di Arab Saudi. Dilihat dari kejauhan, Anda dapat menemukan masjid ini melalui desain yang tampak pada embedding teks kaligrafi Arab dengan jenis tulisan khat kufi. Bentuknya, dua kalimah tauhid yang melekat pada tiga sisi bangunan dalam bentuk susunan batu bata, yang dirancang sebagai kaligrafi tiga dimensi raksasa. Lanskap dan ruang terbuka, sengaja dirancang berbentuk garis-garis melingkar yang mengelilingi bangunan masjid. Lingkaran-lingkaran yang mengelilingi masjid itu terinspirasi dari konsep tawaf yang mengelilingi Ka’bah.

L1200394

Cari hotel di Bandung 

Masjid Cheng Hoo, Surabaya, Jawa Timur

Warna merah, kuning dan hijau membalut bangunan yang terlihat seperti klenteng. Siapa sangka, bangunan ini adalah masjid. Masjid Cheng Ho, paduan unik dari China, Timur Tengah dan Jawa di Surabaya. Bagi Anda yang sedang singgah di Surabaya dapat memukan masjid bernuansa Tionghoa ini tidak jauh dari Balaikota Surabaya dan Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. Masjid yang mampu menampung sekitar 200 jamaah dibangun atas prakarsa para sesepuh, penasehat dan pengurus PITI (Pembina Iman Tauhid Islam). Nama Cheng Hoo sendiri digunakan sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan segenap muslim di Surabaya dan Indonesia, terhadap Laksamana, bahariawan asal China beragama Islam.

Masjid-Cheng-Hoo.1

Temukan harga terbaik untuk hotel di Surabaya

Masjid Raya Sumatera Barat

Dibangun pada tahun 2007, masjid yang sempat tertunda pembangunannya akibat gempa yang terjadi di tanah minang akhirnya dapat diresmikan pada Februari 2014. Arsitektur Masjid Raya Sumatera Barat memakai rancangan yanng dikerjakan oleh arsitek Rizal Muslimin, pemenang sayembara desain yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara. Masjid Raya Sumatera Barat menampilkan arsitektur modern yang tak identik dengan kubah. Atap bangunan menggambarkan bentuk bentangan kain yang digunakan untuk mengusung batu Hajar Aswad. Dengan luas 4.430 meter persegi, lantai dua diperkirakan dapat menampung 5.000-6.000 jemaah.

Masjid_Raya_Padang_3

Temukan berbagai hotel terbaik di Sumatera Barat 

Masjid Amirul Mukminin, Makassar

Makassar tidak hanya terkenal dengan wisata kulinernya saja. Banyak landmark menarik yang bisa dilihat di kota ini. Salah satunya adalah Masjid Terapung di Pantai Losari. Mesjid indah di pinggir pantai losari itu dibalut  warna putih yang dominan dan abu-abu serta juga dilengkapi menara yang tinggi menjulang serta memiliki kubah dengan diameter 9 meter, menambah keanggunan mesjid tersebut. Di bawah kubah itu, pengunjung dapat menggunakannya untuk beribadah sambil menikmati keindahan pantai Losari. Sambil menunggu matahari terbenam kita bisa naik ke bagian atas, menikmati suara deburan ombak.

Masjid-Terapung-Amirul-Mukminin-Makassar

Pilihan hotel di Makassar hanya untuk Anda

[fbcomments]