Mammoth Cave Australia

, , ,

Mammoth Cave, Gua Batu Gamping Rumah Para Fosil

Margaret River selama ini kita kenal dengan wine atau coklatnya yang nikmat. Tapi, ternyata wilayah yang terletak terletak 300 km ke selatan Perth, tidak cuma soal itu. Margaret River memiliki lebih dari 150 gua yang berada di bawah Hutan Karri dan Taman Nasional Leeuwin Naturaliste. Salah satu dari ratusan gua tersebut adalah Mammoth Cave.

Memasuki Margaret River, kebun anggur terhampar di kanan-kiri jalan. Kadang-kadang, terlihat padang rumput di mana kita bisa melihat para kanguru asyik berteduh di bawah pohon rindang. Hingga tiba di wilayah Caves Road, Forest Grove, di mana Mammoth Cave berada.

Ketika mendengar kata “mammoth”, saya—mungkin juga kalian—langsung berpikir pada hewan bernama sama yang hidup sekitar 5 juta tahun lalu, dan kini sudah punah. Ya, hewan besar yang masih keluarga dengan gajah, berbadan besar, dengan taring yang sangat panjang. Singkat kata, saat mendengar nama Mammoth Cave, saya sudah membayangkan ini adalah sebuah gua yang sangat besar. Dan benar saja.

Mammoth Cave adalah gua yang terbentuk dari batu gamping sepanjang 500 m dengan kedalaman 30 m. Dari jauh saja, saya sudah bisa merasakan kemegahan gua ini. Kemudian, ketika memasuki mulut gua besar, berjalan di atas jalan setapak dari kayu yang terangkai ke penjuru gua, keindahan Mammoth Cave semakin jadi. Banyak stalaktit dan stalakmit terbentuk di dalam gua. Seperti tirai indah—hanya saja ini dari bebatuan.

Sempatkan diri untuk melihat dari dekat—tapi jangan menyentuh apa pun—, dan kita akan melihat aliran air yang membatu (disebut flowstone) di dinding gua. Ini yang paling menarik, saat mengetahui dan melihat sendiri beberapa fosil yang ada di Mammoth Cave. Mulai dari macan, mamalia, sampai tulang rahang Zygomaturus (wombat raksasa) dari 44 ribu tahun yang lalu. Kalau film Back to the Future perlu DeLorean untuk time traveling, di Mammoth Cave, kita cuma butuh menelusuri tiap jengkal gua untuk menikmati masa lalu. Di mana lagi bisa melihat dengan mata kepala sendiri hewan marsupial yang sudah punah ribuan tahun lalu?

Berkunjung ke salah satu dari ratusan gua purba di Margaret River, adalah salah satu yang harus kalian masukkan dalam daftar #AussieBanget. Jika tidak Mammoth Cave, masih ada ratusan gua lainnya yang bisa jadi pilihan. Have fun.

Info:
Single entry Mammoth Cave:
US$22,5 (dewasa),
US$12,5 (anak-anak usia 4-16 tahun),
US$58 (keluarga: 2 dewasa, 2 anak-anak)
Buka: 09.00-17.00
Telp: (08) 9780 5911