kuliner khas Sulawesi Selatan

,

Selain Coto Makassar, Ini Dia Deretan Kuliner Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Coba

Siapa di antara kamu yang pernah liburan ke Makassar? Kami rasa, banyak di antara kamu yang punya pengalaman manis saat bertandang ke Makassar. Alamnya yang menakjubkan, pantai dan karang yang indah, serta budayanya yang beragam, pasti membuat liburan kita semakin berkesan. Tapi, tidak hanya Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan memang punya segudang pesona untuk dikunjungi. Salah satu yang menjadi pesonanya, tentu saja kuliner khas Sulawesi Selatan yang punya cita rasa yang unik.

Kebanyakan dari kita mungkin familiar dengan kuliner khas Sulawesi Selatan yang bernama coto Makassar. Bahkan, bisa jadi hanya coto Makassar saja kuliner khas yang kamu ingat dari Provinsi Sulawesi Selatan. Padahal, selain coto Makassar, ada banyak ragam kuliner khas Sulawesi Selatan yang bisa kamu cicipi. Apa saja ya itu?

1. Barobbo Bubur Jagung
Apakah kamu penggemar bubur? Jika ya, kamu pasti suka banget sama menu bubur yang satu ini. Namanya bubur jagung barobbo.

Sumber

Berbeda sama kebanyakan bubur di Jawa, bubur barobbo ini sebenarnya memiliki cita rasa yang lebih mirip dengan bubur manado. Hanya saja, yang membedakannya adalah bubur barobbo ini dibuat dengan bahan dasar jagung.

2. Cawiwi, Belibis Goreng
Apakah kamu sering menemukan menu burung belibis yang digoreng di pinggir jalan? Ya, menu burung belibis memang punya rasa khas yang gurih dan enak banget jika digoreng.

Sumber

Bicara soal burung belibis goreng, Sulawesi Selatan juga punya menu khas yang dibuat dari burung belibis. Namanya adalah Cawiwi. Menu kuliner khas Sulawesi Selatan ini berasal dari kawasan Kabupaten Sidrap. Uniknya, menu yang satu ini punya rasa pedas yang bikin kamu ketagihan.

3. Pecco, Sashimi ala Tanah Luwu
Kalau sedang santai, menikmati sashimi memang enak. Apalagi rasa manis dan gurih yang bercampur menjadi satu. Udah segar, nikmat pula.

Sumber

Eits, tapi tunggu dulu, siapa bilang menu sashimi itu hanya ada di restoran Jepang saja, Sulawesi Selatan juga punya menu sashimi yang khas. Namanya adalah pecco, kuliner khas Sulawesi Selatan yang satu ini berasal dari Tanah Luwu. Berbeda dengan sashimi dari Jepang, pecco merupakan irisan daging ikan mentah kecil seperti teri, yang disajikan hanya dengan jeruk nipis.

4. Pa’Piong
Indonesia dan di beberapa negara di kawasan timur Asia, memang kerap menggunakan bambu atau kayu-kayu lainnya ke dalam sebuah masakan. Tidak terkecuali dengan menu khas Sulawesi Selatan.

Sumber

Di Sulawesi Selatan, ada sebuah menu yang mengandung unsur bambu dan kayu juga. Nama kuliner ini adalah pa’piong. Menu ini mirip seperti nasi lemang, namun prosesnya dibakar dengan menggunakan bambu. Aslinya, menu ini menggunakan daging babi, namun ada banyak juga kok yang menggunakan daging sapi atau ayam.

Jadi, berniat ke Sulawesi Selatan dalam waktu dekat? Pokoknya, mengunjungi Sulawesi Selatan belum lengkap rasanya jika belum mencicipi beragam menu kuliner tersebut.