kuliner khas Indonesia

,

Mengenal Petolo Mayang, Jajanan Tradisional Jawa yang Mulai Langka

Dengan segudang kekayaan budaya dan tradisi yang dimiliki Indonesia, mengakibatkan banyak banget ragam kuliner tradisional yang hadir di sekitar kita. Hampir di setiap daerah punya kuliner khas Indonesia yang mewakili cita rasa daerahnya. Bahkan, bukan tidak mungkin jika setiap kabupaten atau kecamatan punya kuliner khas yang berbeda.

Salah satunya adalah petolo mayang. Kuliner khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah ini memang punya cukup banyak penggemar dan punya cita rasa yang khas. Sayangnya, kuliner tradisional yang katanya mirip sama kuliner gempol pleret ini, mulai langka keberadaannya.

Terus, kenapa sih Petolo Mayang bisa digemari?

kuliner khas Indonesia
Sumber

 

Perpaduan Cita Rasa Tepung Beras dan Kuah Santan

Sama seperti banyak kuliner asal Jawa lainnya, Petolo Mayang juga dibuat dengan bahan baku tepung beras. Hal itu membuat Petolo Mayang memiliki rasa gurih yang otentik, khas Jawa banget. Rasa gurih yang selalu mengingatkan suasana desa, semakin lengkap dengan kuah santan dan gula merah yang semakin menguatkan rasa. Sungguh sebuah perpaduan yang sangat cocok.

Rasa Manis yang Menggoda

Seperti yang kita tahu, kuliner asal Jawa Tengah itu biasanya manis-manis. Petolo Mayang bisa jadi salah satu kuliner manis tersebut. Namun, justru rasa manis inilah yang mampu menggoda banyak orang untuk mencoba. Biasa dimakan dengan ketan srikaya, Petolo Mayang juga dilengkapi dengan gula merah yang semakin menambah cita rasa manis yang khas.

Kuliner Khas Indonesia
Sumber

Mulai Langka

Salah satu alasan kenapa kuliner ini banyak digemari mungkin karena keberadaannya yang sudah mulai langka. Ya, kuliner tradisional yang satu ini memang sudah mulai sulit untuk dicari. Meskipun jika kamu sedang berkunjung ke Kota Solo, kamu masih bisa menemukannya di depan Pasar Triwindu, dekat dengan Gedung Majelis Tafsir Al-Quran. Nama penjualnya Pak Petolo, dan dijajakan dengan sebuah gerobak sederhana. Tapi, jangan sedih jika kehabisan yah, karena kuliner ini selalu laris saat makan siang.

Kuliner Legit yang Murah Meriah

Petolo Mayang punya kelegitan yang rasanya sulit untuk ditandingi. Ya, sepertinya ini juga menjadi salah satu ciri khas kuliner asal Jawa, sih. Namun, hal menarik lainnya dari kuliner khas Indonesia ini adalah harganya yang murah meriah. Bayangkan saja, dengan segala kenikmatan yang disajikan, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 5000 per porsi. Sungguh sebuah kenikmatan yang nggak bikin kantong jebol.

Sama seperti Petolo Mayang yang nikmat, kamu juga bisa merasakan nikmatnya keliling Indonesia dengan mudah.

Jadi, mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!