, ,

Kuliner Di Asia Tenggara Yang Terdengar Aneh Tapi Rasanya Enak

Sobat tiket, apa yang pertama kali membuatmu tertarik untuk mencicipi sebuah menu kuliner? Baik makanan atau minuman, tentunya ada banyak faktor yang membuat kita tertarik untuk mencicipinya. Nama, bahan utama yang digunakan, hingga cara pembuatannya, seringkali menjadi faktor utama yang menentukan kita tertarik atau tidak pada suatu kuliner yang ditawarkan.
Tidak hanya Indonesia, pun saat kalian sedang liburan keliling Asia Tenggara, kamu akan sering menemukan menu kuliner yang aneh dan bahkan membuatmu jijik. Tapi, siapa sangka, ternyata beberapa kawasan di Asia Tenggara punya menu kuliner khas yang terdengar aneh namun memiliki rasa yang enak. Apa saja yah kuliner tersebut? Ini dia beberapa kuliner di Asia Tenggara yang terdengar aneh tapi rasanya enak.

1. Nasi Mangga – Thailand
Bagi beberapa daerah di Asia Tenggara, apalagi di Indonesia, mungkin menu nasi mangga ini terdengar cukup aneh. Meskipun sudah cukup populer, namun tetap saja terasa aneh saat pertama kali mendengarnya. Bagaimana mungkin nasi dimakan dengan buah-buahan?

nasi mangga
Sumber

Ternyata, nasi yang dimaksud bukanlah nasi yang sering kita makan sehari-hari sebagai makanan pokok, melainkan nasi ketan yang memang memiliki citarasa yang manis. Maka tak heran jika nasi tersebut terasa enak dan menjadi jajanan yang cukup digemari tidak hanya di Thailand, tapi juga di asia tenggara.

2. Balut – Filipina
Mungkin kamu sudah sering banget mendengar menu kuliner yang satu ini, Sobat Tiket. Apalagi jika kamu sedang berkunjung ke Filipina, kamu pasti dengan mudah menemukan balut di hampir setiap sudut kota. Buat kamu yang belum tahu, balut adalah sebuah makanan yang dibuat dari embrio bebek.

balut
Via Pinterest

Ya, balut adalah telur yang hendak berubah jadi setengah anak bebek atau ayam. Telur separuh embrio tersebut direbus dan disajikan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan menambahkan garam serta bumbu pedas. Terdengar aneh banget. Tapi bagi warga Filipina, ini adalah menu yang enak dan sangat populer. Mau coba?
3. Daging Kelelawar – Laos & Myanmar
Sebenarnya, bagi sebagian daerah di Asia Tenggara, memakan daging kelelawar bukanlah hal yang baru. Bahkan di belahan timur Indonesia pun, hewan yang hidup di malam hari ini sering dijadikan santapan.

bat meat
Sumber

Namun tetap saja mendengar kata daging kelelawar untuk disantap tetap terasa aneh. Apalagi di Laos dan beberapa wilayah Myanmar, daging kelelawar dijadikan bahan utama dalam menu. Termasuk steak daging kelelawar yang kabarnya memiliki rasa seperti daging ayam.

4. Kopi Luwak – Indonesia
Rasanya sudah enggak perlu diceritakan lagi apa itu kopi luwak. Reputasi kopi ini bahkan sudah terkenal sampai ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, tidak hanya sekadar dikenal, kopi asli Indonesia ini pun pernah dinobatkan sebagai kopi paling enak di dunia.

luwak
Sumber

 

Seperti yang kita tahu, kopi luwak berasal dari biji kopi pilihan yang diproses melalui sistem pencernaan seekor hewan bernama Luwak. Terdengar aneh dan sedikit menjijikan. Namun, semua itu seakan terlupakan begitu kita mencicipi kopi ini.

 

Ternyata, enggak semua yang terdengar buruk itu tidak enak dikonsumsi yah, Sobat Tiket. Namun, tetap alangkah baiknya jika kita mempelajari dahulu kuliner yang mau kita santap, di manapun kita berada.