kopi toraja enak

,

Bikin Melek Seharian, Ini Kedai Kopi Toraja di Makassar yang Perlu Kamu Kunjungi

Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memang punya banyak varietas kopi yang disajikan. Tidak hanya sebagai penghasil kopi saja, bahkan kecintaan orang Indonesia kepada kopi itu seakan sudah mendarah daging. Ngomongin soal kopi, hampir di setiap sudut daerah di Indonesia ada kedai kopi. Mulai dari kopi sachet hingga kopi di mall, dari kopi gilingan hingga kopi gula aren delivery, semua ada di Indonesia. Dan bicara soal jenis kopi, rasanya kurang lengkap kalo belum ngomongin kopi Toraja. Jika kamu berkunjung ke Makassar, kota ini punya beberapa kedai kopi Toraja enak untuk dikunjungi.

Jika kamu mencari kedai kopi Toraja enak di Makassar, ada beberapa kedai kopi yang bisa banget dikunjungi. Terus, kedai kopi Toraja apa saja yang enak di Makassar?

1. Kopi Api
Sekilas, namanya agak sangar yah. Rasanya seperti sedang berkunjung ke negara api dan pergi ngopi bareng Avatar Aang. Tapi tenang aja Sobat Tiket, kedai kopi ini enggak seseram namanya kok.

 

Kedai Kopi Api punya racikan kopi Toraja yang keren. Bahkan, kabarnya racikan barista di kopi ini nggak kalah dengan kedai-kedai kopi ternama di Jakarta. Tidak hanya kopi Toraja saja, ada banyak kopi lainnya yang bisa kamu coba. Tertarik? Kamu bisa mengunjunginya di Komplek Pasar Segar Panakukkang.

2. Kopiteori
Jika berkunjung ke kedai kopi, terkadang tidak hanya racikan terbaik saja yang perlu dicari, namun juga nuansa dan konsep dekorasi cafe tersebut. Di Makassar, ada sebuah kedai kopi yang tidak cuma menghadirkan racikan Kopi Toraja yang enak, tapi juga suasana tempat yang ramah.

 

Nama tempat tersebut adalah Kopiteori. Bertempat di Jalan Beruang Raya No.20, kedia Kopiteori menawarkan konsep tempat minimalis namun nyaman. Ya, saking minimalisnya, kedai ini hanya mampu menampung sekitar 20 orang saja. Dan seakan enggan berteori, Kopiteori rasanya mampu menunjukkan kualitas Kopi Toraja yang terbaik.

3. Kopi Ujung
Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar berita bahwa Makassar punya kedai kopi yang dikelola oleh Grader berlisensi internasional? Tentunya kamu pasti akan langsung mencobanya sambil membayangkan kenikmatan kopi yang akan disajikan.

 

Daripada menghayal, ada baiknya sih kamu mencoba mampir ke Kopi Ujung. Kedai kopi ini menyajikan racikan Kopi Toraja dan jenis kopi lainnya, yang siap membuatmu terjaga sepanjang hari. Soal rasa, tidak perlu khawatir, karena kedai kopi ini dibuat oleh barista berkualitas dan tentunya oleh Grader berlisensi internasional. So pasti semua cita rasa kopi yang dihasilkan akan sangat nikmat.

4. Cofeetalist
Bicara soal kedai kopi yang minimalis, di Jakarta dan sekitarnya mungkin sering kita jumpai, namun ternyata di Makassar juga ada banyak kedai kopi berkualitas yang tidak hanya menyajikan kopi toraja yang enak, tapi juga suasana minimalis yang nyaman.

 

A post shared by COFFEETALIST (@coffeetalist) on

Jika kamu sedang berada di Makassar, tepatnya di Jalan Hertasning, kamu rasanya perlu mencoba kedai kopi yang bernama Cofeetalist. Kedai ini tidak hanya menyajikan kopi toraja yang enak, kedai ini juga menyajikan interior yang minimalis namun tetap nyaman untuk dikunjungi. Nama Cofeetalist sendiri diambil dari nama merk baju hasil ciptaan sang pemiliki kedai.

5. Double Shot
Pagi mulai datang menyapa dan tenagamu belum terkumpul semua. Rasanya ingin menenggak kopi poris “double shot” supaya tetap segar sepanjang hari. Eh, ingat istilah “double shot”, Makassar juga punya kedai kopi toraja yang tidak hanya bisa bikin kamu melek, tapi juga bikin kamu rileks.

 

A post shared by dedyharpandy (@delong1011) on

Iya sih, kalau dilihat dari kapasitasnya, kedai kopi ini hanya mampu menampung sekitar 20 orang, tapi jangan kamu anggap remeh karena suasana di kedai ini nyaman dan ramah banget. Bahkan, kamu bisa menemukan berbagai lukisan hasil karya para pengunjung di sisi bar.