kopi bali

,

Berkunjung ke Kedai Kopi Paling Legendaris di Denpasar

Menikmati secangkir kopi sambil menikmati sore bersama kawan memang bisa jadi kegiatan yang super nyaman. Apalagi dengan obrolan ringan nan lepas dan ditemani beragam cemilan sederhana namun nikmat. Semakin nikmat jika waktu ngopinya sambil liburan ke Bali. Bicara soal menikmati kopi Bali, kedai kopi tradisional masih menjadi tempat favorit di tengah menjamurnya kafe-kafe kontemporer dan modern. Salah satunya adalah kedai kopi legendaris di ibu kota propinsi, Denpasar.

Sebagai pusat dari berbagai aktivitas di Bali, Denpasar yang kental dengan berbagai budaya Bali-nya, juga memiliki kedai kopi tradisional yang legendaris. Kedai kopi ini bernama Bhinneka Djaja. Well, dari ejaannya saja sudah keliatan banget kalau kedai kopi ini sudah tua. Namun, tua bukan berarti tidak menarik. Justru, tempat ini semakin menjelma sebagai surga buat para penggila kopi, baik lokal dan mancanegara.

Berdiri Sejak 1935

Era 1930 sampai 1950-an bisa jadi menjadi dekade yang cukup kelam sekaligus titik balik sejarah Indonesia. Sebagai era proklamasi kemerdekaan, sampai masa-masa awal kemerdekaan, Indonesia memang dalam keadaan sulit. Namun berbeda dengan situasi di Bali. Daerah ini, khususnya di Denpasar justru punya kedai kopi baru yang menyajikan kenikmatan kopi Bali yang sesungguhnya. Ya, kedai kopi Bhinneka Djaja didirikan pada tahun 1935.

 

A post shared by Uput Anjana (@uputanjana) on

Awalnya, kedai kopi Bali ini bernama Bian Ek, milik keluarga Tjahjadi. Produk kopinya saat itu bernama Bola Dunia, yang sudah terkenal banget di kalangan pecinta kopi. Proses pembuatan kopi di tempat ini juga masih tradisional dan alami. Mereka membeli kopi dari petani lokal, dan mengolahnya sendiri di kedai.

Bikin Turis Ketagihan

Tidak hanya dekorasi kedai yang masih tradisional dan sederhana, ternyata cita rasa kopi yang disajikan juga enggak bisa dibilang sembarangan. Aroma kopi yang kental tersaji oleh kedai kopi ini membuat banyak pengunjung jatuh cinta. Tidak hanya penikmat kopi asal Indonesia, turis asing pun turut jatuh cinta sama kenikmatan alami kopi di Bhineka Djaja.

 

A post shared by Ayyiex Falgunadi (@ayyiex) on

Untuk semua kenikmatan kopi Bali di Bhineka Djaja, kamu hanya perlu merogoh kocek yang cukup murah. Untuk secangkir kopi di kedai ini, bisa kamu nikmati harga mulai dari Rp. 10.000 saja. Itu pun sudah bisa kamu nikmati lengkap dengan cemilan roti sebagai pendamping minum kopi. Di tempat ini juga tersedia berbagai pilihan kopi mulai dari Capuccino, Latte, dan berbagai variasi kopi lainnya.

Bhineka Djaya, tempat ngopi sederhana yang berada di antara deretan ruko-ruko tua di jalan Gajah Mada, Denpasar. Seperti bangunan-bangunan di kanan kirinya, Bhineka Djaya sejatinya memang bukan tempat ngopi. Tempat ini awalnya hanya sebuah toko yang menjual biji dan bubuk kopi serta beberapa jenis teh berkualitas. Namun lambat laun, tempat ini kemudian menyediakan meja dan beberapa kursi untuk para pengunjung yang ingin menyeduh kopi di lokasi. Arsitektur bangunannya yang relatif sempit dipermak sedemikian rupa sehingga memberi kesan unik nan menghadirkan kesan nyaman. Berbagai macam jenis kopi dan beberapa jenis teh dipajang di hapir semua etalase. Ada juga beberapa buah mesin giling dan alat seduh kopi yang dipamerkan di etalase depan. Bhineka Djaya berdiri sejak tahun 1935. Sajian terhangat hari ini… #bali🌴 #denpasar #kopi #bhinekadjaja #bhinekadjajakopibali #minumkopi #kopiindonesiakeren

A post shared by Minum Kopi (@minum.kopi) on

Oiya, selain menyediakan kopi untuk diminum langsung, kedai kopi ini juga menyediakan berbagai kopi kemasan untuk kamu bawa pulang, loh. Cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh.

Berawal dari gudang

Meskipun menyajikan kopi yang nikmat, ternyata Bhineka Djaja tidak memiliki tempat yang luas. Gedung lokasi kedai kopi Bhineka Djaja ini awalnya memiliki fungsi sebagai gudang. Sampai kini pun, tempatnya hanya seluas toko kecil dengan 1 buah rangkaian kursi dan meja di bagian teras.

 

A post shared by Sheril Vgiyen (@sherilvgiyen90) on

Penasaran? Buat kamu semua yang sedang liburan ke Bali, apalagi buat kamu yang sedang berada di kawasan Denpasar, kamu bisa berkunjung ke kedai Bhineka Djaja yang terletak di Jalan Gajah Mada.

[fbcomments]