koper hilang di bandara

,

Koper Hilang di Bandara, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Kegiatan traveling atau berpindah tempat memang sudah menjadi kebiasaan kita sebagai manusia yang produktif. Tidak hanya untuk keperluan liburan saja, tuntutan pekerjaan juga terkadang membuat kita harus bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain. Bepergian dengan pesawat terbang paling sering dilakukan dalam sebuah perjalanan. Jika bicara soal bepergian dengan pesawat terbang, maka erat urusannya dengan kegiatan di dalam bandara.

Oke, semua urusan perjalanan terasa begitu lancar dan menyenangkan hingga akhirnya kamu menemukan koper kamu hilang atau rusak di bandara. Aduh! Pasti nyusahin banget deh itu. Nah, kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?

 

via GIPHY

Koper hilang di bandara memang sebuah kejadian yang kurang menyenangkan. Tetapi, kamu tidak perlu panik, karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika koper kamu hilang atau rusak di bandara. Berikut ini beberapa hal yang bisa dan perlu kamu lakukan jika kamu mengalami koper hilang di bandara.

1. Cek Asuransi Bagasi
Setiap barang bawaan, biasanya disediakan fasilitas asuransi untuk melindungi barang bawaan kamu. Mengingat padatnya jadwal bandara, maka memiliki asuransi untuk setiap barang bawaan kamu sangatlah direkomendasikan. Hal ini untuk menjamin perlindungan setiap koper yang kamu bawa, jika ada kerusakan atau kehilangan. Biasanya, asuransi koper sudah tertera di tiket pesawat, lengkap dengan nominal maksimal penggantian. Meskipun begitu, kamu tetap harus memastikan bahwa tidak ada barang berharga yang tertinggal di dalam koper, yah.

2. Mengajukan Ganti Rugi
Jika kamu mengalami koper hilang di bandara, atau mengalami berbagai kerusakan, langkah yang harus dilakukan tentu saja mengajukan ganti rugi. Proses pengajuan ganti rugi tentu saja bisa semakin maksimal dan lebih mudah jika sudah dilengkapi dengan asuransi. Namun, meskipun begitu, kamu masih bisa mengajukan ganti rugi ke pihak bandara jika ada kerusakan atau kehilangan dalam koper kamu. Intinya, selama kamu merasa ada yang tidak beres, dan kamu bisa membuktikannya, ada baiknya kamu mengajukan ganti rugi.

3. Sabar, Mungkin Hanya Terlambat
Berpikiran positif memang tidak pernah salah, dalam kondisi apapun itu. Begitu juga tentang kehilangan koper atau barang bawaan. Ada baiknya kamu bersabar dan berpikiran positif. Mungkin saja koper kamu hanya terlambat datang dan bukan hilang. Namun, jika kamu rasa koper kamu sudah terlalu lama datang, ada baiknya kamu menanyakan status koper kamu kepada petugas bandara. Tapi ingat yah, tetap sabar dan jangan panik.

4. Negosiasi
Loh, apa hubungannya kejadian koper hilang di bandara dengan negosiasi? Sebentar, dalam kasus koper hilang itu pasti ada dua pihak yang terlibat, yaitu kamu sebagai korban dan pihak bandara sebagai penanggung jawab layanan. Dalam proses penggantian biaya dan lain sebagainya, tentu saja tidak selamanya mulus. Kalaupun proses penggantian dapat dilakukan, biasanya pihak bandara akan mengajukan biaya pengiriman barang dan operasional lainnya. Kamu bisa negosiasi soal ini, karena bagaimana pun juga ini tidak murni kesalahan kamu.

5. Nggak Usah Lebay
Iya, dalam hal apapun, kayaknya bertindak lebay itu tidak pernah berdampak baik, deh. Bener nggak? Selain harus bersikap tenang dan tidak reaktif, bersikap lebay dalam menghadapi koper yang hilang itu justru bisa membuat petugas bandara jengkel. Hal ini tentu saja akan membuat proses penggantian koper yang hilang atau rusak menjadi lebih sulit dan lama.