, ,

Inilah Lima Monumen Paling Bersejarah Di Indonesia

Ada banyak cara untuk mengenang suatu kejadian bersejarah. Bisa lewat buku, patung, atau membangun monumen. Yang terakhir ini cukup banyak kita temui di Indonesia. Sebagai bangsa yang besar, banyak sekali peristiwa sejarah yang telah kita lalui, baik dari segi politik, budaya, atau ekonomi. Apa saja ya monumen di Indonesia yang memiliki nilai sejarah yang tinggi? Berikut ini adalah beberapa monumen yang tidak hanya indah untuk dikunjungi, tapi juga bernilai sejarah yang tinggi.

mandala monumen
Monumen Mandala, Makassar

1. Monumen Mandala, Makassar.
Berada di Jalan Jendral Sudirman, Makassar, tugu ini sudah berdiri tegap sejak tahun 1966. Kota Makassar memang dahulu dikenal sebagai pusat markas Komando Mandala. Bentuk segitiga pada puncaknya melambangkan peristiwa Trikora (Tri Komando Rakyat), sedangkan relief di sisi monumen menggambarkan perjuangan pembebasan Irian Barat dan perjuangan rakyat Sulawesi Selatan.

Tertunduk-di-Monumen-Ground-Zero
Monumen Panca Benua (Ground Zero)

2. Monumen Panca Benua (Ground Zero), Bali.
Monumen ini bisa jadi salah satu monumen Bali yang indah. Namun, peristiwa dibalik monumen ini bisa dibilang sangat kelam. Monumen Panca Benua dibangun untuk mengenang korban peristiwa bom Bali 1&2 pada awal era 2000-an. Puluhan orang atau bahkan mungkin ratusan, tewas terkena bom teroris di tempat ini. Di monumen yang indah ini, tertulis nama-nama korban jiwa, baik dari warga negara Indonesia, ataupun warga negara asing.

jakarta-monas
Monas, Jakarta

3. Monumen Nasional, Jakarta
Siapa yang tidak kenal dengan monumen yang satu ini? Ya, tidak hanya identik dengan ibu kota, tapi monumen ini juga telah menjadi ikon populer di indonesia. Berdiri megah setinggi 132 meter, tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan. Di bawah tugu ini, kamu bisa melihat museum yang berisikan barang-barang bersejarah pada jaman perjuangan.

13992879431416110468
Monumen Tugu Pepera, Jayapura.

4. Monumen Tugu Pepera, Jayapura.
Tugu ini bisa jadi salah satu tugu paling bersejarah di Jayapura, atau mungkin di Papua. Dibangun untuk mengenang pembebasan Irian Barat dari tangan penjajah, tugu ini berdiri kokoh sampai sekarang di Jalan Sam Ratulangi, Jayapura. Nama Pepera diambil dari kegiatan rakyat bernama Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat) pada tahun 1969. Kegiatan ini seperti kegiatan pemungutan suara yang nantinya menentukan posisi Irian Barat, apakah ikut dengan Indonesia atau tidak.

c1fc0a32f3b9df72986af0812d00aa5e
Monumen Pancasila Sakti, Jakarta. (Foto lama, oleh Jakarta.go.id)

5. Monumen Pancasila Sakti, Jakarta
Sejarah kelam pemberontakan G30/s PKI tentunya meninggalkan luka mendalam bagi kita semua. Ribuan orang mati sia-sia, dan hidup tidak menentu. Kamu tentu masih ingat bagaimana tragisnya kematian 7 jenderal besar saat itu. Monumen Pancasila Sakti dibangun untuk mengenang para jenderal besar dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara. Di sini, kamu tidak hanya melihat patung ketujuh jenderal, tapi kamu juga bisa melihat barang sisa peninggalan pemberontakan PKI dan diorama yang menggambarkan kejadian saat itu. Kalau menurut kamu, monumen apa sih yang paling bersejarah di Indonesia? Komentar, yuk.

Mau mengunjungi monumen bersejarah lainnya di Indonesia? Gampang, mulainya ya di sini.