,

Hiroshima-Nagasaki, Sempat Mati Kini Berseri

Kemerdekaan yang direbut oleh Indonesia pada 17 Agustus 1945 tidak bisa dilepaskan dengan peristiwa pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, oleh Amerika Serikat. Bom nuklir “Little Boy” yang dijatuhkan di Hiroshima dan bom “Fat Man” di Nagasaki saat itu meratakan kedua wilayah itu, dan membuat Jepang menyerah kepada Sekutu. Ratusan ribu korban jiwa berjatuhan, belum yang luka atau sakit karena efek radiasi nuklir yang berjangka panjang.

Di tengah kehancuran itu, Jepang tidak patah arang. Perlu diakui bahwa Jepang mampu berkembang dengan pesat sampai akhirnya pulih dan menjadi negara sangat maju sekarang ini.

Bahkan dua kota tadi, Hiroshima dan Nagasaki, dengan cepat berbenah dan berhasil menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jepang. Ada apa saja tempat menarik di dua kota itu? Berikut beberapa destinasi wisata yang patut dikunjungi saat bertandang ke Jepang.

Hiroshima

1. Hiroshima Peace Memorial Park

Tempat ini adalah monumen peringatan untuk mengenang bencana nuklir di tempat itu pada masa Perang Dunia II. Monumen ini dibangun di taman di pusat kota, bersebelahan dengan reruntuhan sebuah gedung yang dihantam bom nuklir, dan sengaja dipertahankan apa adanya.

Di sana juga terdapat Peace Memorial Museum, memamerkan barang peninggalan korban bom atom. Setiap tahunnya, tempat ini mampu menjaring lebih dari satu juta wisatawan yang ingin melihat lebih dekat akibat bom atom masa itu, dan juga mengenang para korban.

2. Taman Shukkeien

Terletak tak jauh dari Hiroshima Peace Memorial Park terdapat Taman Shukkeien yang berdiri sejak 1620. Di sana terdapat Hiroshima Prefectural Art Museum. Tempat ini adalah museum barang seni mulai dari lukisan, patung, seni logam, dan banyak lagi.

Taman Shukkeien sendiri adalah taman yang terkenal di Jepang dan seantero dunia, karena keindahannya. Taman ini dibangun pada zaman Edo atas perintah Asano Nagaakira, sang tuan tanah, yang juga menjadi tempat tinggal Asano. Pada 1940, keturunan Asano menyerahkan kepemilikan taman ini kepada negara secara sukarela.

3. Miyajima

Satu lagi keindahan alam di Jepang bisa disaksikan di Hiroshima, yaitu Miyajima. Konon, Miyajima menjadi salah satu dari tiga tempat dengan pemandangan terbaik di Jepang.

Miyajima adalah sebuah pulau kecil berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Hiroshima.  Yang paling ikonik dari Miyajima adalah Gerbang Torii yang terletak di tengah air, sehingga dari jauh tampak seperti mengambang di atas air.

Nama aslinya adalah Pulau Miyajima, tapi penduduk asli lebih akrab dengan sebutan Miyajima, yang berarti “Pulau Kuil”. Selain Kuil Itsukushima, di pulau ini ada juga Kuil Daisho-in, Senjokaku, Museum Sejarah, dan Miyajima Aquarium. 

Nagasaki

1. Nagasaki Atomic Bomb Museum

Tempat ini adalah museum untuk memperingati tragedi pengeboman pada 9 Agustus 1945 pukul 11:02:35 di Nagasaki saat itu. Di dekat museum terdapat Nagasaki National Peace Memorial Hall for the Atomic Bomb Victim, sebuah monumen peringatan, dan juga menjadi titik di mana bom jatuh.

Di museum ini dipajang berbagai sisa-sisa pengemboman, foto-foto, dokumen dan berbagai informasi terkait bom atom. Hal ini untuk meunjukkan betapa kehancuran akibat bom atom sangat massif sehingga kejadian serupa tidak perlu terjadi lagi di dunia ini.

2. Hashima Island

Pulau ini lebih dikenal sebagai Gunkanjima, atau “pulau kapa perang”, karena bentuknya yang mirip kapal perang. Dahulu, pulau ini menjadi salah satu daerah terpadat di Jepang. Namun kini tempat ini bak pulau hantu, sejak pertambangan batu bara di pulau itu ditutup pada 1974.

Rumah-rumah dan apartemen yang dibangun  di atas pulau ini dibiarkan terbengkelai, sehingga memberikan kesan angker. Namun, pemandangan unik gedung usang dan reruntuhan bangunan itu justru membuat wisatawan penasaran melihatnya. Pada 2009 Pemerintah Jepang membuka pulau ini sebagai tempat wisata.

Pulau ini semakin terkenal di dunia setelah UNESCO mengajukan pulau ini sebagai salah satu warisan dunia pada 2008. Film James Bond “Skyfall juga mengambil gambar salah satunya di tempat ini, membuatnya semakin kesohor lagi.

3. Gunung Inasa

Gunung Inasa adalah sebuah bukit di sebelah Nagasaki setinggi 333 meter. Dengan kereta gantung, pengunjung bisa melihat keindahan Nagasaki dari ketinggian. Sampai di puncaknya, terdapat dek pandang untuk melihat Nagasaki 360 derajat. Pemandangan terindah adalah pada malam hari, dengan kelap-kelip lampu di sekujur kota Nagasaki, termasuk di pelabuhan Nagasaki.

Di bukit ini juga terdapat taman yang terkenal karena keindahaannya, terutama pada musim semi. Taman Mount Inasa ini akan berwarna-warni karena bunga yang bermekaran.

Kemanapun Travel Impian Anda, mulai lah perjalanannya dan nantikan liburan tanpa nabung hanya di Tiket.com!

[fbcomments]