gunung agung

,

Deretan Fakta Tentang Gunung Agung yang Wajib Kamu Ketahui

Selama satu bulan terakhir, kita dihebohkan dengan meletusnya Gunung Agung yang berada di Pulau Bali. Tidak hanya wisatawan lokal dan seluruh warga negara Indonesia saja, para wisatawan mancanegara pun turut berkabung dan bersedih soal kejadian alam ini. Kejadian alam ini memang cukup dahsyat dan cukup untuk membuat perekonomian dan pariwisata di Bali “beristirahat” sejenak. Ya, kehendak alam memang tidak bisa kita kendalikan, namun kita patut berempati akan hal ini.

Namun, bukan meletusnya Gunung Agung yang menjadi perbincangan kita kali ini, melainkan soal fakta menarik seputar gunung terbesar di Pulau Bali ini. Menjadi satu dari sekian gunung berapi yang aktif di Indonesia, Gunung Agung tentu memiliki bermacam cerita. Lalu, apa saja fakta seputar Gunung Agung tersebut?

1. Tidak Boleh Didaki Sembarangan
Pulau Bali memang daerah yang punya banyak adat dan budaya. Salah satu kepercayaan yang dianut oleh masyarakat Bali juga tidak lepas dari Gunung Agung. Di Gunung Agung, ada sebuah Pura bernama Pura Besakih. Saat waktu tertentu, ada sebuah upacara keagamaan yang melarang para pendaki untuk mendaki Gunung Agung. Bagi masyarakat Bali, saat upacara atau periode keagamaan itu berlangsung, tidak boleh ada hal lain yang lebih tinggi dari Pura Besakih.

2. Seluruh Pulau Bali Dapat Dilihat dari Puncak Gunung Agung
Gunung Agung merupakan gunung tertinggi di Bali, dan salah satu gunung tertinggi yang berada di Indonesia. Dengan tinggi sekitar 3000 meter di atas permukaan laut, mendaki gunung ini sampai ke puncaknya memungkinkan kamu untuk melihat seluruh isi Pulau Bali dari ketinggian. Tidak tanggung-tanggung, kamu bisa melihat seluruh Pulau Bali secara lengkap 360 derajat. Wah, tidak perlu kamera 360 derajat lagi deh untuk melihat seluruh isi Pulau Bali.

3. Mampu Menyemburkan Asap Hingga 2000 Meter
Kehebatan gunung memang tidak bisa diremehkan. Sejarah mencatat betapa kuatnya gunung ini saat meletus. Pada tahun 1960-an, gunung ini sempat meletus dengan dahsyat dan merenggut banyak nyawa. Rekor kedahsyatan gunung ini tidak berhenti sampai di situ, pada letusan terakhir beberapa waktu lalu, gunung ini bahkan sempat menyemburkan asap hingga setinggi 2000 meter. Dahsyatnya!

Gunung Agung di Bali dan beberapa gunung lainnya di Indonesia adalah kekayaan alam yang wajib kita jaga. Jadi, sudah siap berkeliling dan menikmati keindahan Indonesia? Ke mana pun, tiket.com aja!