Sumba

,

Enggak Perlu ke Thailand, di Sumba Juga Ada Gua yang Indah Banget, Loh!

Keringat mengucur cukup deras hari itu. Ya, cukup deras, meskipun kamu sedang berada di dalam ruangan ber-AC yang sejuk. Bukan tentang udara yang panas, bukan pula tentang olahraga yang cukup keras. Melainkan kegugupan dan kegelisahan yang mengikatmu erat melalui sesuatu bernama deadline. Rasa gelisah terus saja menemanimu hingga akhirnya kamu mendengar bahwa tugas sudah selesai dan kamu boleh pergi cuti. Yeaay!

via GIPHY

Pertanyaan selanjutnya adalah, mau pergi liburan ke mana nih? Sebuah pertanyaan yang sederhana namun cukup sulit untuk dijawab. Apalagi sudah ada banyak nama di luar negeri yang membuatmu ingin segera memesan tiket pesawat murah untuk liburan.

Singapura, Thailand, Malaysia, hingga Jepang, ada banyak nama-nama negara yang ingin kamu kunjungi untuk menikmati alam yang indah. Eits, tunggu dulu, ngapain jauh-jauh ke negara orang untuk sekadar melihat alam yang bagus? Kita juga punya, loh.

Sobat Tiket, mari berkunjung ke Sumba di Nusa Tenggara Timur. Ada sebuah gua yang cukup tersembunyi namun memiliki pemandangan yang sangat indah. Waikelo Sawah, begitu tempat ini disebut. Saking indahnya, bahkan kamu enggak perlu jauh-jauh pergi ke Kho Phi Phi di Thailand untuk sekadar menikmati gua yang indah.

Gua di Waikelo Sawah
Green Cave. Sumber

Meskipun indah, Waikelo Sawah pada dasarnya bukanlah sebuah tempat wisata. Tempat ini merupakan bendungan yang dibangun pada tahun 1976 yang digunakan untuk irigasi warga dan juga pembangkit listrik desa dan sekitarnya. Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

Sumber air yang tidak pernah kering#beautiful#water#dam#waikelo sawah#sumba

A post shared by Lisa Kholijah Siregar (@lisa_ksiregar) on

Karena digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik, tentu saja Waikelo Sawah memiliki arus yang cukup deras. Bahkan, di tempat ini ada beberapa larangan untuk berenang. Sedikit informasi, debit air di tempat ini mencapai 1000 liter per detik. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa berfoto ria di tempat ini kok.

Kapan Ya Enaknya ke Sana?

Waikelo Sawah
Suasana di Waikelo Sawah. Sumber

Selain memiliki gua yang menawan, kawasan Waikelo Sawah, atau tepatnya Desa Tema Tana, juga memiliki panorama alam yang hijau. Kawasan ini bisa banget kamu jadikan tujuan liburan, Sobat Tiket. Jika kamu mau berkunjung, bulan Februari, Maret, dan November adalah waktu yang pas untuk berkunjung. Enggak kering, enggak basah (kehujanan), pokoknya pas deh.

 

Nah, bagaimana, Sobat Tiket? Yuk, segarkan pikiran sambil menjelajahi indahnya Indonesia bareng Tiket.com

[fbcomments]