, ,

Enak Untuk Buka Puasa, Ini Deretan Kuliner di Jakarta yang Bikin Kamu Ketagihan

Jakarta memang tidak hanya tangguh, namun juga punya banyak pesona. Selain sebagai pusat pemerintahan dan bisnis di Indonesia, Jakarta juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang patut diperhitungkan. Terutama untuk mereka yang ingin menikmati wisata belanja dan wisata kuliner di Jakarta. Bicara soal wisata kuliner, pergi dan memutuskan membeli tiket pesawat ke Jakarta bukanlah hal yang mubazir. Di kota ini, ada banyak kuliner enak yang mampu membuat kamu -dan bahkan wisatawan asing- ketagihan.

Dari hidangan sederhana seperti baso, hingga hidangan luar negeri yang jarang kamu dengar, Jakarta punya semuanya. Sama seperti lagunya Enno Lerian yang berkata “Semua Ada di Sini”, menemukan kuliner di Jakarta memang bukan hal yang sulit. Nah, bicara hidangan enak di Jakarta, berikut ini adalah beberapa kuliner enak di Jakarta yang mampu membuat kamu ketagihan.

1. Bakso Akiaw 99
Menu bakso atau mie ayam memang rasanya sudah melekat di keseharian warga Jakarta. Hampir di setiap sudut kota ini, betebaran banyak pedagang bakso dan mie ayam.

Bicara soal bakso enak, Bakso Akiaw 99 adalah salah satu yang terbaik. Terletak di Mangga Besar, Jakarta Pusat, bakso yang juga memiliki outlet di Medan ini punya rasa kaldu yang sedap. Belum lagi rasa daging bakso yang gurih dengan sambalnya yang jempolan, makin membuat kamu ketagihan. Dan yang paling penting lagi, bakso ini halal!

2. Ketoprak Telor
Bukan, bukan nama dari sebuah seni lawak asli Jawa, melainkan makanan berbumbu kacang khas Jakarta. Ya, hampir di setiap sudut Kota Jakarta, ada banyak ketoprak yang bisa kamu temui. Namun, sepertinya tidak banyak yang menggunakan telur sebagai tambahan.

Salah satu ketoprak terkenal yang enak dan menggunakan telur adalah ketoprak Ciragil. Mereka rasanya tahu betul cara mengolah ketoprak. Tempatnya sederhana, namun memiliki rasa yang lumayan enak. Enggak heran jika ketoprak ini menjadi salah satu primadona bagi mereka yang ingin wisata kuliner di Jakarta. Ketoprak telur lainnya yang punya rasa enak juga bisa kamu temukan di kawasan tebet.

3. Nasi Uduk Kebon Kacang
Nasi uduk merupakan salah satu makanan khas Jakarta. Tidak hanya khas, menu nasi yang satu ini bahkan sudah akrab sebagai menu sarapan sehari-hari para pekerja di ibu kota.

Jika membicarakan nasi uduk, maka nama Nasi Uduk Kebon Kacang bisa jadi yang pertama tersirat. Kedai ini bisa kamu temukan di kawasan Kebon Kacang (dekat Tanah Abang), atau di kawasan Jalan Pemuda, Rawamangun.

4. Nasi Goreng Kebon Sirih
Masih ingatkan kalian ketika mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, mengingat masa kecilnya di Jakarta dengan menyebutkan menu-menu seperti nasi goreng? Ya, menu nasi goreng memang melekat di benak orang Indonesia.

Di Jakarta, ada sebuah warung nasi goreng terkenal di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Nasi Goreng Kebon Sirih, begitu orang menyebutnya. Tempat ini punya nasi goreng yang enak dengan harga yang ramah. Saking enaknya, warung ini bahkan pernah beberapa kali tampil di acara stasiun TV luar negeri.

5. Soto Betawi Haji Mamat
Yang terakhir, tentu saja sebuah menu yang asli banget dari Jakarta. Apalagi kalau bukan soto betawi. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki soto yang khas. Begitu pula dengan Jakarta.

Betawi sebagai suku asli ibu kota, punya sebuah menu legendaris bernama soto betawi. Soto berkuah santan ini biasanya memiliki isi seperti tomat, daging cincang, dan babat. Untuk menu ini, kamu bisa mencoba soto betawi Haji Mamat yang konon katanya jago banget bikin soto betawi jempolan.

Karena Indonesia punya banyak kuliner legendaris yang enaknya luar biasa, yuk pergi ke luar dan jelajahi kuliner nusantara!

[fbcomments]