, ,

Dear Para Calon Ibu, Sebelum Naik Kereta, Yuk kenali Ketentuan Baru Berkereta Bagi Ibu Hamil

Entah ke manapun tujuan kita, pergi menggunakan kereta api memang masih menjadi pilihan transportasi yang nyaman dan terjangkau. Apalagi ketika musim mudik tiba, jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi ini bisa meningkat berkali-kali lipat. Namun, Sobat Tiket, kapanpun kamu memutuskan untuk pergi naik kereta,selain kepastian mendapat tiket kereta, keselamatan selama bepergian adalah hal yang paling utama.

Karena keselamatan jiwa saat naik kereta adalah hak setiap manusia, termasuk sang calon ibu dan janin di dalam kandungan, maka terhitung mulai tanggal 31 Maret 2017, PT.Kereta Api Indonesia (KAI) selaku badan usaha resmi untuk pengelolaaan jalur kereta api mulai memberlakukan peraturan khusus untuk para penumpang kereta yang sedang hamil. Hal ini tentu saja demi keselamatan jiwa sang ibu dan calon bayi. Nah, jadi, wahai para calon ibu, sebelum memutuskan untuk pergi naik kereta, ada baiknya kita memperhatikan ketentuan baru untuk ibu hamil berikut ini dulu, yuk.

KAI Ketentuan Ibu Hamil_1200x628

1. Usia Kehamilan
Usia kehamilan adalah hal pertama yang harus diperhatikan sebelum pergi menggunakan kereta api. Untuk kamu, para calon ibu yang sedang mengandung, perlu diketahui bahwa usia kehamilan yang dibolehkan untuk pergi naik kereta adalah usia kehamilan 14 s/d 28 Minggu. Namun jika memang diharuskan untuk pergi naik kereta diluar usia kehamilan tersebut, ada baiknya tetap melampirkan surat keterangan dokter/bidan yang menjelaskan bahwa kandungan sang ibu aman untuk melakukan perjalanan.

2. Kondisi Kandungan
Bagi para ibu hamil, pastikan kondisi kehamilan sedang dalam kondisi terbaik. Selain tidak ada kelainan dan gangguan, pastikan pula kondisi kandungan dalam keadaan sehat. Untuk hal ini, supaya tetap bisa pergi naik kereta, surat keterangan dari dokter/bidan terkait sangatlah diperlukan untuk memastikan keamanan ibu dan janin terjamin.

3. Pendamping
Pendamping saat bepergian juga merupakan salah satu syarat penting bagi para ibu hamil untuk dapat pergi menggunakan kereta api. Ya, PT.KAI mulai memberlakukan peraturan yang mewajibkan ibu hamil untuk didampingi oleh minimal 1 (satu) orang pendamping dewasa selama perjalanan.

Nah, moms, itu tadi beberapa peraturan baru dari PT.KAI tentang penumpang hamil. Sekali lagi, peraturan ini efektif per 31 MARET 2017. Semoga bermanfaat.