, , ,

Dari Snack Hingga Makanan Berat, Inilah Daftar Makanan Di Bali Yang Harus Kamu Coba

Salah satu faktor mengapa banyak traveler selalu betah dengan bali adalah kulinernya yang sangat nikmat. Di Pulau Dewata ini Sobat Tiket tidak hanya akan mendapatkan banyak destinasi wisata yang menakjubkan saja, tapi juga banyak spot wisata kuliner yang membuat semua orang merasakan kedamaian dan keeksotisan dari Bali.

Sedang liburan ke Bali? Selain mencari hotel di Bali yang bagus, cobalah nguliner tipis-tipis di Pulau nan indah ini. Coba semua snack atau street foodnya yang sangat nikmat hingga makanan berat yang bisa membuatmu seperti merasakan surga. Berikut beberapa rekomendasi kuliner khas Bali yang autentik namun menarik.

 

1. Jaja Bali
Jaja Bali adalah perpaduan beberapa kudapan manis yang dicampur menjadi satu dan diberi kuah kental yang sangat manis. Biasanya Jaja Bali berisi jajanan mirip dengan cenil, klepon, dan beberapa kuliner khas seperti dadar gulung, bubur injing, dan pisang rai yang merupakan pisang gulung tepung yang dikukus.

jaja
Sumber

Jaja Bali memang pamornya sudah agak menurun. Namun tempat terutama pasar tradisional masih menjual kuliner jadul ini. Kalau kamu berada di Bali, lebih baik berburu kuliner autentik seperti ini daripada pergi ke restoran mahal namun yang dimakan justru makanan dari luar negeri.

 

2. Bubur Mengguh
Di daerah Buleleng, ada salah satu makanan khas yang selalu dicari oleh banyak pencinta bubur ayam. Namanya adalah Bubur Mengguh yang memiliki citarasa super gurih, kental, nikmat hingga makan bubur tanpa toping saja sudah nikmat. Bubur mengguh biasanya dibuat saat upacara tradisional saja, namun saking banyak yang penasaran, bubur ini bisa disantap kapan saja.

bubur mengguh
Sumber

Toping pada bubur mengguh mungkin nyaris sama degan bubur ayam pada umumnya. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar yang membuat bubur ini jadi sangat khas. Pertama adalah masalah kuah yang disiramkan, suwiran ayam berbumbu, kacang tanah goreng dan beberapa daun-daunan hijau seperti seledri dan daun bawah.

 

3. Lawar
Lawar adalah makanan sehari-hari yang dimakan oleh orang Bali. Biasanya lawar akan dimakan menggunakan nasi putih yang hangat. Makanan ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang dicincang dan diberi bumbu kelapa mirip sekali dengan urap-urap. Selain sayur, lawar juga kadang diberi daging sesuai dengan selera, namun biasanya terbuat dari daging ayam atau babi.

lawar
Via @nezi_inez

Kalau kamu tidak bisa mamakan lawar babi, jangan khawatir. Kamu masih bisa mencoba lawar nangka yang rasanya enggak kalah nikmat. Memakan lawar di kawasan Bali akan membuatmu merasa seperti penduduk Bali yang sehari-hari menyantap lawar yang meski sederhana namun rasanya sangat menggugah selera.

 

4. Sate Lilit
Sate lilit adalah salah satu makanan yang sudah menjadi trademark dari Bali. Hampir semua restoran dan hotel besar menyajikan menu ini kepada wisatawan mancanegara dan membuat mereka jadi kesengsem. Akhirnya sate lilit menjadi kuliner khas Bali yang sangat dicari oleh banyak turis dari mancanegara.

lilit2
Via @jakweek

Sate lilit terbuat dari daging ikan tengiri yang dihaluskan lalu dibumbui. Setelah semua tercampur semua, adonan segara dililitkan pada batang bambu lalu dibakar dengan api yang kecil. Sate lilit bisa kamu makan langsung atau sebagai pendamping nasi putih yang masih hangat hingga bisa membuatmu ketagihan.

 

5. Betutu
Betutu awalnya hanya disajikan untuk upacara tradisional Bali saja. Tapi juga dikomersilkan hingga menjadi salah santapan khas dan mewah. Menyantap betutu baik yang bahan dasarnya bebek atau pun ayam akan membuatmu merasakan kenikmatan yang tiada habisnya. Jadi jangan kaget kalau harga satu porsi betutu cukup membuat dompet menjadi agar tipis.

betutu
Via @dinyanyi

Oh ya, betutu dibuat dengan membumbui ayam atau bebek dengan bumbu khas yang penuh santan. Setelah semua bumbu dirasa cukup, bungkusan itu dimasukkan ke dalam arang yang sangat panas hingga akhirnya matang perlahan-lahan dengan sangat sempurna.

Inilah beberapa makanan yang bisa kamu santap hingga habis ketika berada di Bali. Jadi, Sobat Tiket mau pilih yang mana nih? Semua?