cara membuat visa

,

Mau ke Luar Negeri? Begini Cara Membuat Visa yang Benar

Siapa sih yang nggak ingin jalan-jalan ke luar negeri? Setiap orang pasti ingin banget pergi ke tempat baru yang belum dijamah. Apalagi jika tempat baru tersebut ada di luar negeri, di negara yang berbeda kultur dan bahasa dari Indonesia. Pastinya itu akan menjadi pengalaman yang keren dan berkesan banget. Tapi, tunggu dulu, pergi ke luar negeri itu nggak kayak kamu pergi mudik ke Mojokerto, Lampung, atau Cibulan, apalagi ke Cimahi. Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi seperti membuat paspor dan visa. Nah, untuk membuat visa, kita akan menjelaskan tentang cara membuat visa yang baik dan benar, supaya perjalanan ke luar negeri kamu semakin nyaman.

Pergi ke mana saja di dunia ini, yang namanya paspor dan visa pasti sangat dibutuhkan. Memang sih, ada beberapa negara yang membebaskan visa bagi para wisatawan yang datang dari Indonesia. Namun, itu tidak semuanya. Jika kamu hendak pergi ke luar negeri dalam waktu dekat, pastikan kamu mengetahui cara membuat visa yang baik. So, berikut ini adalah beberapa cara membuat visa yang benar.

1. Isi Formulir Online
Sebelum mengisi formulir pengajuan secara online, pastikan kamu melengkapi dahulu berbagai dokumen yang dibutuhkan. Sebut saja seperti paspor, atau dokumen lainnya. Belum punya paspor? Simak aja cara bikin paspor, di sini.

Setelah semua dokumen sudah lengkap, kamu bisa bergegas untuk mengisi formulir pengajuan visa secara online di berbagai website resmi kedutaan besar negara yang akan kamu kunjungi.

2. Bukti Pembayaran Visa
Setelah pengisian formulir dilakukan, kamu akan dimintai beberapa biaya administrasi untuk pemrosesan visa di negara tujuanmu. Biayanya bervariatif tergantung negara tujuan. Jika kamu sudah melakukan pembayaran tersebut, lampirkan bukti pembayaran visa saat melakukan permohonan.

3. Lampiran Pas Foto
Nah, Sobat Tiket, ini yang cukup penting. Supaya identitas kamu dapat dikenali dengan baik, maka pas foto dirimu perlu banget untuk dilampirkan. Hal itu supaya pihak kedutaan dapat mengidentifikasi dirimu dan menyesuaikan dengan data yang ada.

4. Lampiran Bukti Keuangan
Pernahkah kamu mendengar bahwa saat kita mengunjungi suat negara, harus melampirkan bukti keuangan sebagai jaminan? Ya, hal ini sangat perlu dilampirkan supaya negara dapat menjaga kamu dan menjamin kamu selama berada di negara orang. Dan lampiran ini juga sebagai bukti bahwa kamu mampu bertahan selama berada di negara orang.

5. Surat Keterangan Kunjungan
Terakhir, dan ini juga cukup penting, adalah melampirkan surat keterangan atas tujuan kamu pergi ke negara tersebut. Apakah untuk bisnis, liburan, atau keperluan lainnya, pastikan kamu punya informasi yang lengkap tentang keperluan kamu pergi ke negara tersebut. Semakin jelas keperluan kamu, maka semakin mudah pula visa kamu disetujui.

Setelah semua berkas dan persyaratan telah kamu lengkapi, kamu bisa mengajukannya ke kedutaan besar negara yang kamu tuju. Jika sudah disetujui, kamu bisa tenang deh bepergian ke negara tujuanmu.