tips menggunakan uang THR

,

Dapat THR? Inilah Tips Bijak Untuk Menggunakannya

Hore! Menjelang hari raya, kabar baik yang dinantikan itu akhirnya datang juga. Apalagi kalau bukan info soal cairnya dana Tunjangan Hari Raya (THR). Selain cairnya gaji dan balasan chat dari si gebetan, cairnya THR menjadi hal bahagia berikutnya yang enggak bisa bikin kamu gembira luar biasa. Bagaimana tidak bahagia, selain jumlahnya yang cukup besar, tunjangan ini juga cair di kala tanggal gajian bulanan masih terasa jauh.  Sungguh rasanya seperti oase di tengah padang gurun.

 

via GIPHY

Tapi tunggu dulu, gembira boleh, boros jangan. Ya, meskipun tahun ini kamu menerima uang thr yang cukup besar dan cukup banget untuk membeli tiket mudik lebaran, bukan berarti kamu bisa menggunakannya dengan sembarangan. Ingatlah dibalik kebahagiaan uang THR, ada masa depan yang harus kamu jaga. Maka dari itu, bijak menggunakan THR akan sangat membantumu untuk menambah pundi-pundi tabungan di masa depan. Nah, bingung cara menggunakan uang THR dengan bijak? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Tentukan Prioritas

Dalam segala hal, membuat daftar prioritas akan sangat membantu kita dalam melakukan sesuatu. Begitu pula dengan yang namanya menggunakan uang Tunjangan Hari Raya. Membuat daftar prioritas untuk uangmu akan membantu kamu lebih bijak dan adil dalam mengeluarkan uang.

2. Bayar Utang Terlebih Dahulu

Utang adalah tanggungan. Dalam ilmu ekonomi dan financial planning, utang adalah sesuatu yang harus dibayarkan segera. Nah, biasanya jika utang itu ditunda, kita malah cenderung untuk melupakannya. Akibatnya, nilai utang akan semakin bengkak dan semakin sulit untuk dilunasi. Maka dari itu, jika kamu dapat THR, coba ingat dahulu tentang utang dan tanggungan yang harus dibayarkan segera.

Via Unsplash

3. Sisihkan Untuk Tabungan dan Investasi

Seperti yang diutarakan di atas, uang lebih itu memang enak banget untuk dimasukkan ke dalam tabungan. Selain jumlahnya besar dan tidak termasuk dalam siklus kebutuhan bulanan, maka enak banget untuk menambah nilai tabungan kamu. Oiya, jangan lupa juga menyisihkan untuk investasi juga yah. Normalnya, menabung itu sekitar 10% dari pendapatan yang kita dapat.

4. Berbagi Dengan yang Membutuhkan

Yang terakhir ini enggak kalah penting. Malah bisa dibilang ini penting banget. Setiap kita mendapat rejeki, entah dari manapun itu, alangkah bijaknya jika kita menyisihkan beberapa rejeki kita untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Menyisihkan THR untuk mereka yang membutuhkan tidak hanya menjadi salah satu cara yang bijak menggunakan uang tetapi juga sebagai bentuk rasa syukur terhadap rejeki yang kita dapat.

So, sudahkah kalian menggunakan THR kalian dengan bijak? Kalau beli tiket mudik dengan bijak dan bebas panik sih, di Tiket.com pasti ada!