, , ,

Butuh Sewa Mobil? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini.

Akhir pekan tiba! Dan akhirnya saat liburan bersama keluarga dan sahabat terdekat pun tiba. Kali ini rencananya tidak akan pergi jauh-jauh dari Kota Jakarta, hanya ke kota sebelah seperti Sukabumi, Bogor atau Bandung. Selain karena waktu liburannya terbatas, suasana di kota-kota tersebut juga tidak kalah sejuk dan mampu menjadi sarana melepas penat. Apalagi untuk hal biaya, pergi liburan ke kota tersebut masih tergolong murah meriah.

Bicara soal berangkat liburan beramai-ramai, tentu hal yang perlu diperhatikan adalah sarana transportasi yang dipakai. Mengingat di antara rombongan kamu tidak ada yang memiliki mobil, maka kamu pun memutuskan menyewa mobil untuk liburan. Namun, sebelum kamu memastikan menyewa mobil untuk liburan, ada baiknya Sobat Tiket perhatikan dahulu 5 hal ini.

1. Periksa Kelengkapan Surat
Memerhatikan kelengkapan surat saat menyewa mobil memang diperlukan. Hal itu karena bagaimana juga kamu akan meminjam mobil dari pemilik yang mungkin belum kamu kenal. Memeriksa kelengkapan surat-surat seperti surat kepemilikan kendaraan dan pajak kendaraan selain membuatmu tenang dalam berkendara, juga dapat membuatmu merasa aman.

cek surat
Sumber

Setidaknya dengan surat-surat yang lengkap dan jelas, kamu tidak perlu khawatir diawasi oleh pihak berwajib.

2. Cek Mesin Dan Riwayat Mobil
Mesin mobil dan segala hal yang berhubungan dengannya sangatlah penting untuk diperiksa sebelum kamu memutuskan untuk menyewa mobil. Karena dengan mengecek keadaan mesin sebelum memutuskan menyewa mobil, setidaknya kamu bisa meminimalisir kecelakaan serta hal tidak menyenangkan lainnya selama perjalanan. Apalagi terkadang banyak penyedia jasa sewa mobil yang kurang memperhatikan mobil mereka.

cek mesin
Sumber

Tidak begitu mengerti mesin? Kamu masih bisa mengecek melalui hal yang sederhana seperti data riwayat mobil tersebut. Periksalah mulai dari data pembuatan mobil, tahun mesin, serta kondisi terakhir mobil tersebut.

3. Perhatikan Harga
Selain kualitas dan kondisi terakhir mobil yang ingin kamu sewa, harga sewa mobil juga harus kamu perhitungkan. Sebagai konsumen, kita harus pintar-pintar dan mengetahui pasaran harga sewa mobil untuk jenis mobil yang ingin kita pakai.

Negosiasi harga
Sumber

Meskipun kamu punya uang lebih untuk hal ini, dan harga tidak menjadi masalah untukmu, jangan sampai kamu tertipu dengan harga yang diberikan. Mengeluarkan banyak uang untuk hal yang tidak kamu dapatkan itu tidak enak, Sobat Tiket.

4. Pesan Di Tempat Yang Terpercaya
Saat ini, ada begitu banyak jasa sewa mobil yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, di satu kota seperti Jakarta, ada sekitar ribuan penyedia jasa sewa mobil yang bisa kamu temui. Memastikan satu per satu jasa sewa mobil yang kompeten tentunya sangat memakan waktu.

car rental sign
Sumber

Cara lainnya adalah dengan menggunakan online agent sewa mobil yang terpercaya, seperti Tiket.com. Selain mudah, Tiket.com juga memiliki ribuan rekanan jasa sewa mobil yang terpercaya, di hampir seluruh wilayah Indonesia.

5. Pastikan Bisa Menyetir Mobil
Hal yang satu ini juga lumayan penting untuk kamu perhatikan sebelum memutuskan menyewa mobil. Ya, sebelum memutuskan untuk menyewa mobil, ada baiknya jika kamu memiliki keahlian menyetir mobil terlebih dahulu. Setidaknya dalam satu rombongan, ada 1 atau 2 orang yang mahir membawa mobil.

setir mobil
Sumber

Memang betul terkadang jasa sewa mobil juga menawarkan paket bersama sopir. Namun, jika kamu tidak menemukan sopir yang tepat, setidaknya kamu punya solusi cadangan untuk urusan transportasi saat liburan.