Bermalam di 5 Hotel Bersejarah di Indonesia

, , ,

Bermalam di 5 Hotel Bersejarah di Indonesia

Perkembangan dunia pariwisata di Indonesia saat ini tidak terlepas dari sejarah besar yang terjadi di masa silam. Hotel-hotel yang sekarang berdiri kokoh ternyatanya juga menyimpan tumpukan sejarah yang dapat Sobat Tiket telisik lebih jauh. Mulai dari tahun berdirinya, siapa penggagasnya, apa latar belakang pendirian hotel, hingga perjuangan yang terjadi telah menjadi bagian bagi hotel tersebut. Lalu mana saja hotel bersejarah di Indonesia yang dapat Sobat Tiket singgahi. Berikut ini daftar hotelnya.

Hotel Ambarrukmo Palace via www.royalambarrukmo.com
Hotel Ambarrukmo Palace via www.royalambarrukmo.com
  1. Hotel Ambarrukmo Palace, Yogyakarta

Ada banyak lapisan sejarah yang akan Sobat Tiket temukan saat bermalam di hotel ini. Pertama adalah tanah tempat berdirinya hotel dan kedua adalah sejarah bangunan itu sendiri. Hotel tersebut berada di dalam kawasan Pesanggrahan Ambarrukmo yang dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono V. Pembangunannya sendiri digagas oleh Soekarno, presiden pertama Indonesia. Hotel yang diresimakan pada tahun 1966 memiliki mural ukiran batu karya Harijadi di tahun 1962 yang menggambarkan kehidupan rakyat di sekitar Gunung Merapi. Lalu mozaik dinding dari keramik yang diperkirakan dibuat oleh seniman Indonesia Batara Lubis di tahun 1976. Bermalam disini yuk!

Hotel Indonesia Kempinski via www.kempinski.com
Hotel Indonesia Kempinski via www.kempinski.com
  1. Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta

Hotel yang dibangun dari hasil pampasan perang dengan Jepang ini dulu dikenal sebagai Hotel Indonesia. Hotel yang disebut-sebut sebagai hotel bintang lima pertama di Jakarta, diresmikan pada tahun 1962 dalam rangka Asian Games IV. Hotel ini menjadi tempat menginap para pejabat tinggi yang menyertai atlet-atlet dari berbagai negara Asia, termasuk beberapa atletnya. Pembangunan hotel yang sering disingkat sebagai “HI” merupakan salah satu gagasan dari presiden Indonesia, Soekarno. Menginap di hotel bersejarah ini yuk.

Hotel Savoy Homann Bidakara via www.savoyhomann-hotel.com
Hotel Savoy Homann Bidakara via www.savoyhomann-hotel.com
  1. Hotel Savoy Homann Bidakara, Bandung

Inilah salah satu hotel yang menjadi saksi sejarah di tanah Paris Van Java. Bangunan yang sekarang menghadap ke Jalan Asia Afrika dibangun tahun 1937 dengan gaya art deco oleh arsitek A. F. Albers asal Belanda. Di hotel ini terdapat 3 kamar spesial. Kamar-kamar berjenis presidential suite itu disebut sebagai tipe Homann Suite. Apa yang membuatnya spesial? Ternyata tiga kamar itu pernah ditempati tokoh-tokoh bersejarah Konferensi Asia Afrika 1955. Di lantai 1, Homann Suite diberi nama kamar Jawaharlal Nehru, mantan Perdana Menteri India. Homann Suite di lantai 2 adalah kamar Soekarno. Sedangkan di kamar lantai tiga diberi nama Cho En Lai, sesuai nama mantan Perdana Menteri China. Jadi mau menginap di kamar yang mana?

Hotel Majapahit via hotel-majapahit.com
Hotel Majapahit via hotel-majapahit.com
  1. Hotel Majapahit, Surabaya

Berbicara tentang hotel bersejarah tak bisa lepas dari hotel satu ini. Sejak dibangun di tahun 1910 hingga saat ini, bangunan tersebut tetap berfungsi sebagai hotel, walaupun pemerintahnya silih berganti. Hotel yang dibangun oleh Lucas Martin Sarkies asal Armenia awalnya bernama Oranje Hotel.  Akibat Perang Dunia II, Jepang menguasai bumi nusantara. Oranje Hotel pun diambil alih dan berganti nama menjadi Yamato Hoteru. Nah, di tahun 1945, sebuah peristiwa bersejarah mengambil tempat. Di hotel ini, terdapat kamar bersejarah yaitu kamarnya Charlie Chaplin. Aktor kondang itu pernah menginap di tahun 1936. Kamar tersebut diberi nama Kamar Merdeka dengan nomor kamar 33. Bermalam di kamar Charlie Chaplin yuk.

Hotel Inna Bali Heritage via www.innabaliheritage.com
Hotel Inna Bali Heritage via www.innabaliheritage.com
  1. Inna Bali Heritage Hotel

Bali Hotel merupakan hotel paling mewah di tahun 1930an. Hotel ini terletak di Jalan Veteran, Denpasar City yang dibangun pada masa kolonial Belanda pada tanggal 22 Agustus 1927 . Ini adalah hotel pertama di pulau Bali yang melayani para tourist yang berlibur ke Bali pada waktu itu. Pada dekade tersebut, lebih dari seratus wisatawan asing datang ke Bali dengan menggunakan kapal uap Koninklijke Paketvaart Maatschappij yang berlabuh di Buleleng. Sekarang hotel ini bernama Inna Bali Hotel. Menginap di Inna Bali Hotel yuk.

Jadi mau menginap di hotel bersejarah yang mana?