bandara bahasa jawa

,

Wow! Ternyata Bandara di Dubai Ini Punya Pengumuman Berbahasa Jawa

Kalau kamu menemukan bandara berbahasa Jawa di Indonesia, mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika ada bandara bahasa Jawa di luar negeri? Tentunya sebuah cerita yang luar biasa. Apalagi untuk bandara sekelas Dubai. Cerita ini bermula ketika sekitar satu bulan lalu, ada video heboh yang mengungkapkan bahwa bandara sekelas Dubai punya pengumuman berbahasa Jawa. Memang sih, seperti di beberapa negara timur tengah, pengunjung asal Indonesia, khususnya yang berasal dari Jawa jumlahnya cukup besar.

Entah untuk keperluan pekerjaan, atau jalan-jalan dan ibadah, pokoknya angka pengunjung asal Jawa ke Timur Tengah itu jumlahnya banyak banget. Wajar sih jika bandara ini memasukkan pilihan Bahasa Jawa dalam pengumuman penerbangannnya, apalagi jika penerbangan tersebut berhubungan langsung dengan Indonesia.

Pintu Menuju Dunia

Tidak hanya sebagai pusat transit untuk tujuan timur tengah, Uni Emirat Arab melalui Bandara Dubai juga menjadi pusat transit untuk banyak destinasi dunia, khususnya untuk tujuan ke Eropa. Maka dari itu, enggak heran jika kamu bakalan ketemu sama banyak orang Indonesia dan Asia Tenggara lainnya di bandara ini. Belum lagi jumlah tenaga kerja (TKI) yang hendak mengadu nasib ke Eropa dan Timur Tengah, pasti melalui bandara ini.

 

A post shared by Patrick (@1barnesp) on

Sebagai gerbang menuju banyak destinasi dunia, pastinya ada banyak latar belakang budaya dan bahasa yang bercampur aduk di bandara ini. Apalagi, meskipun ¾ dunia ini menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari dan Bahasa Inggris diakui sebagai bahasa internasional, faktanya tidak semua orang fasih dan lancar menggunakan Bahasa Inggris. Maka dari itu, bandara ini mencoba pendekatan bahasa lokal masing-masing pengunjung untuk menghadirkan informasi yang lebih akurat.

 

A post shared by Rita Pater (@ritahairwood) on

Salah satunya adalah Indonesia. Jangankan berbahasa Inggris, banyak dari orang Indonesia pun masih belum lancar berbahasa Indonesia, seperti orang-orang yang tinggal di daerah terpencil.

Sosok Dibalik Pengumuman Bahasa Jawa

Bicara soal pengumuman berbahasa jawa di bandara Dubai International, ternyata tidak lepas dari peran seorang perempuan Jawa asli yang berdomisili di Praha, Ceko. Namanya adalah Widya Sokorova. Loh, kok bisa jauh banget sih dari Jawa ke Ceko? Ya, jadi usut punya usut, mbak Widya yang lulusan Surabaya ini, menikah dengan orang asal Ceko dan memilih untuk menetap di sana.
Cerita berlanjut ketika mbak Widya mengikuti audisi announcer untuk bagian informasi, yang diadakan oleh perusahaan agency bernama Amerikan. Widya Sokorova pun sukses menjadi announcer setelah menyingkirkan 8 kandidat lainnya. Dan jadilah Widya Sokorova sebagai tokoh penting dibalik terwujudnya bandara bahasa Jawa di Dubai.

Foto: Mbak Widya Syokorova dan Suami. (Via Upstation.id)

Oiya, sudah lihat videonya? Buat kamu yang penasaran, atau ingin tahu seperti apa suaranya, berikut ini adalah video pengumuman berbahasa Jawa di Dubai International Airport.