, ,

Bali Terlalu Padat, Nyebrang ke Nusa Penida Jadi Pilihan Tepat

Sobat Tiket mungkin sering mengalami yang namanya kecewa ketika datang ke tempat wisata tertentu. Dalam bayangan, kamu pasti sudah memikirkan keindahan yang sama seperti ada dalam gambar poster agen perjalanan, tapi ekspektasi itu meleset jauh. Kamu yang harusnya mendapatkan pantai atau gunung yang tenang dengan pemandangan indah harus berhadapan dengan banyak kerumunan.

Hal-hal tidak menyenangkan seperti ini banyak terjadi saat kamu mengunjungi Bali. Zaman sekarang, sulit mendapatkan Bali yang tenang seperti yang ada di dalam gambar-gambar poster agen perjalanan. Ketika kamu kecewa dengan Bali yang terlalu padat merayap, datanglah ke Nusa Penida yang merupakan pulau kecil tidak jauh dari Bali. Berikut beberapa tempat wisata andalan Nusa Penida yang membuatmu harus mengunjunginya.

1. Pantai Atuh
Bali memang surganya pantai, kamu pasti mengenal Sanur, Kuta, dan masih banyak lainnya. Sayangnya, pantai di dataran utama Bali ini selalu penuh sesak hingga membuat banyak orang tak bisa menikmati suasana tenang dengan maksimal. Kalau kamu benar-benar ingin menyepi dan menikmati suasana pantai yang super tenang, datanglah ke Nusa Penida yang terpisah dari Pulau Bali dengan menumpang kapal.

Pantai Atuh
Pantai Atuh via https://www.instagram.com/bolehtanya

Pantai Atuh yang masih dalam kawasan Kabupaten Klungkung ini memiliki pemandangan yang indah. Kalau kamu datang pada pukul 05.30 pagi waktu setempat di bukit Atuh, sunrise yang super indah kerap muncul untuk menandai pagi tiba. Tak jauh dari pantai Atuh tepatnya berada di seberang laut terdapat dua pulau bernama Nusa Batu Padasan dan Nusa Batu Abah.

2. Pura Puncak Mundi
Datang ke Bali tanpa menikmati megahnya pura yang sangat unik memang kurang lengkap. Ketika kamu menyeberang ke Nusa Penida, bangunan tinggi khas agama Hindu itu juga ada di salah satu puncak tertinggi di Nusa Penida. Di kawasan ini kamu akan mendapati banyak pura menjulang di tinggi di kawasan yang sangat dingin.

Puncak Mundi
Pura Puncak Mundi via www.thelembonganholiday.com

Keseruan dari Pura yang bernama Puncak Mundi ini tidak hanya terlihat dari arsitekturnya saja. Tapi medan yang ditempuh saat mengunjunginya. Setidaknya kamu harus mendaki di permukaan yang cukup terjal selama 1 jam sebelum akhirnya tiba di kawasan yang bisa dibilang sangat magnificent ini!

Ke Nusa Penida makin asik dengan diskon promo Rp.500rb  tanpa minimum transaksi. Mau? Klik di sini.

 

3. Pantai Pasih Uug
Selain Pantai Atuh yang sangat mengesankan keindahannya, Nusa Penida masih memiliki pantai lain yang memikat. Pantai itu bernama Pasih Uug atau banyak orang menyebutnya dengan broken beach karena di kawasan ini terdapat satu tebing yang berlubang di bagian tengahnya karena kikisan ombak yang terjadi selama bertahun-tahun.

Pasih Uug
Pasih Uug via https://www.instagram.com/julesxview

 

Di pantai Pasih Uug kamu bisa melihat matahari terbenam dan juga penyu serta ikan pari yang suka berenang di sekitaran tebing. Untuk bisa sampai di kawasan ini kamu bisa mengendarai motor sewaan atau mobil dengan waktu tempuh 1,5 jam dari pelabuhan Nusa Penida tempatmu berlabuh dari Bali.

4. Friends of National Parks Foundation dan Bird Sanctuary
Setelah lelah menjelajahi pantai-pantai yang sangat indah di kawasan Nusa Penida, kamu bisa mengunjungi FNPP dan bird sanctury. Di tempat ini kamu bisa menemui penangkaran Jalak Bali yang merupakan satwa paling langka dan dilindungi di Bali. Di FNPP kamu bisa melihat burung-burung terbang bebas tanpa takut ditangkap dan diperjualbelikan.

Friends of National Parks Foundation
Friends of National Parks Foundation via www.fnpf.org

Jalak Bali awalnya hanya ada di Taman Nasional Bali Barat, tapi karena bird sanctuary dibangun di Nusa Penida, burung yang sangat indah ini dikembangkan secara massal di pulau kecil ini. Oh ya, untuk bisa ke sini kamu bisa menggunakan motor dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Pelabuhan Nusa Penida.

5. Malibu Point
Nusa Penida juga memiliki banyak sekali spot penyelaman atau diving yang salah satunya bernama Malibu Point. Di tempat ini kamu bisa menikmati terumbu karang yang super indah lengkap dengan biota laut yang berwarna-warni. Oh ya, kawasan ini juga dikenal kerap digunakan untuk tempat berburu Hiu Biru dan ikan pari yang sangat besar.

Malibu point
Malibu Point via http://picture.triptrus.com

Hiu di kawasan Malibu Point tidak berbahaya karena sudah terbiasa dengan manusia. Kalau kamu kebetulan berada di Nusa Penida, jangan ragu untuk menyelam dan berenang dengan hiu. Berani menguji adrenalinmu tidak?
Inilah lima tempat indah di Nusa Penida yang membuatmu harus mengunjunginya ketika Bali menjadi penuh dan sesak. Bagaimana Sobat Tiket, sudah siap menjelajahi alam indah yang mempesona ini?