tempat wisata di Bali

,

Menikmati Bali Rasa Amerika di Nusa Lembongan

Seperti layaknya Hawaii milik Amerika yang sangat eksotis, Nusa Lembongan juga menyimpan banyak sekali pesona wisata yang memikat. Bahkan, sebagai salah satu tempat wisata di Bali yang cukup dikenal, pulau kecil yang terletak di sebelah timur Denpasar ini menjadi tujuan utama banyak turis asing terutama mereka yang berasal dari Amerika. Tidak heran, di kawasan ini muncul resort dan restoran dengan sentuhan negeri Paman Sam yang kental.

Oh ya, di pulau yang menjadi tujuan traveler untuk menghilang sejenak ini, kamu bisa mendapatkan banyak hal yang menarik. Bahkan lebih menyenangkan dari daratan utama Bali yang sudah terlalu ramai. Yuk, simak apa saja yang bisa kamu nikmati sampai puas di Nusa Lembongan.

1. Menikmati Devil’s Tears
Devil’s Tears sudah seperti trademark dari Nusa Lembongan yang namanya sudah dikenal hingga ke seluruh dunia. Di sini kamu akan mendapatkan pemandangan menakjubkan dari ombak yang menghantam karang-karang di dekat pantai. Hantaman yang sangat kuat ini menyebabkan munculnya cipratan air yang banyak hingga tingginya lebih dari 5 meter.


Kawasan ini sangat ramai dikunjungi oleh turis dari mancanegara. Mereka ingin menyaksikan keindahan dari cipratan air yang sangat menakjubkan di udara sambil basah-basahan main air di sebelahnya. Oh ya, Devil’s Tears terletak di sebelah utara Dream Beach. Kamu bisa jalan kaki selama beberapa menit untuk sampai ke sana.

2. Menjelajah Hutan Bakau
Hampir 30% dari total wilayah Nusa Lembongan merupakan kawasan hutan bakau atau mangrove yang masih sangat alami. Di sebelah utara hingga ke timur dari pulau dipenuhi tanaman bakau yang sangat lebat dan di tengah terdapat sungai-sungai yang bisa dijelajahi dengan perahu yang digerakkan dengan kayu. Di kawasan ini perahu motor dilarang karena dianggap mengganggu ekosistem.

Kamu bisa menyewa kapal beserta pendayungnya untuk melakukan mangrove tour. Di tengah hutan bakau yang sangat tebal, kamu bisa melihat kehidupan hewan seperti burung, kepiting, ikan, hingga kadang ular yang berenang di air. Mengunjungi kawasan bakau di Nusa Lembongan akan membuatmu semakin ingin menjaga alam dari kerusakan.

3. Mengintip Ladang Rumput Laut
Rumput laut pernah menjadi komoditas unggulan di kawasan Nusa Lembongan puluhan tahun yang lalu. Namun karena rendahnya harga rumput laut di pasaran dan serangan gulma membuat produksinya menurun. Untuk mengatasi keterpurukan ini, penduduk setempat membuka sebuah wisata berbasis rumput laut yang secara mengejutkan diterima dengan sangat baik oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

nusa lembongan
Sumber

Di tempat ini wisatawan bisa melihat bagaimana cara membibitkan rumput laut, menanam, membesarkan hingga akhirnya memanen. Kamu bisa ikut terjun langsung ke laut untuk memasang bibit rumput laut atau memanennya dalam jumlah yang besar. Oh ya penduduk setempat juga menjual serbuk rumput laut yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

4. Menyelam di Lembongan Dive Center
Lembongan Dive Center adalah tempat di mana kamu bisa belajar menyelam dengan sangat baik dalam dua hari saja. Ya, di sini kamu bisa belajar menyelam selama dua hari lalu menikmati keindahan bawah laut dari Nusa Lembongan yang sangat memanjakan mata. Sekali menyelam, kamu akan terus ketagihan hingga enggan untuk pulang.

Tempat Wisata di Bali
by Jeremy Bishop via Unsplash.com

Saat menyelam di kawasan Lembongan Dive Center, kamu bisa melihat banyak sekali terumbu karang yang sangat indah dan kadang muncul manta yang sangat besar. Menyelam selama beberapa menit di Lembongan Dive Center akan memberikan pengalaman berharga yang tidak bisa dilupakan.

5. Belajar Berselancar di Newbro Surfing
Kurang lengkap rasanya ke Nusa Lembongan kalau belum belajar berselancar. Di tempat ini kamu bisa mengambil kursus dengan berbagai tingkatan di Newbro Surfing. Di tempat ini kamu akan diajari dasar-dasar berselancar di ombak sampai bisa. Instruktur-instruktur yang andal siap mengajarimu dari tidak tahu apa-apa sampai bisa berdiri dan menunggangi ombak.

Setelah kamu bisa berselancar, instruktur akan mengajakmu ke laut untuk berburu ombak. Di sini kamu bisa menikmati sensasi berseluncur yang ngeri tapi juga menyenangkan. Bahkan, kamu bisa enggan pulang dan mau berlama-lama berburu ombak sampai puas.

Inilah beberapa hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Nusa Lembongan. Kira-kira dari lima tempat atau aktivitas di atas mana yang kamu pilih?