kamera analog

,

5 Alasan Kenapa Traveling Pakai Kamera Analog Itu Asik Banget

Traveling sambil menemukan hal baru di tempat yang baru memang masih menjadi kegiatan yang seru banget. Buat kamu yang berjiwa petualang dan suka fotografi, berburu foto sambil jalan-jalan itu memang asik banget.

Kalau berburu foto, kamera yang bagus sudah pasti menjadi item yang wajib dimiliki. Kamera mirrorless dan DSLR memang masih menjadi pilihan favorit. Ya, tidak ada salahnya sih kalau kamu ingin menggunakan kamera digital. Namanya selera sah-sah saja. Tapi, jika kamu ingin hasil foto yang berbeda untuk petualanganmu, rasanya enggak salah jika kamu mencoba menggunakan kamera analog.

Jadul? Ketinggalan jaman? Memang, kamera analog merupakan teknologi lama yang ketinggalan jaman. Tapi bukan berarti kamera analog enggak bisa dipakai untuk traveling, justru berfoto menggunakan kamera analog itu asik banget. Sobat Tiket, berikut ini beberapa alasan kenapa traveling pakai kamera pocket analog itu menyenangkan.

1. Efek Foto yang Natural
Kamera analog, terutaman kamera pocket, itu masih bekerja berdasarkan cahaya yang natural. Jadi, efek foto yang dihasilkan itu alami dari objek foto dan cahaya di lokasi pemotretan.

 

A post shared by Jane Lane (@passionfruittt) on

Memang, pengaturan exposure kamera analog tidak sedetil kamera digital, namun hasil yang dihasilkan bisa lebih kuat. Pokoknya, fotonya itu natural banget.

2. Surprise, Surprise!
Jika kamu sering menggunakan kamera digital, pasti kamu bisa dengan mudah mengatur jenis warna, exposure, hingga brightness. Berbeda dengan digital, kamera pocket analog tidak punya opsi untuk mengatur hal-hal tersebut.

 

A post shared by asrul dwi (@asruldwi) on

So, alih-alih bisa mengatur setting exposure dengan sangat detil, kamu justru akan menemukan hal yang mengejutkan di setiap hasil jepretan kamera pocket analog. Kamu hanya tinggal jepret dan tunggu kejutannya.

3. Warna lebih solid.
Dalam fotografi, warna adalah segalanya. Alasan ini pula yang seringkali menjadi perdebatan oleh para pengguna 2 merk kamera ternama di dunia. Tapi, jika kamu bosan dengan warna kamera digital yang begitu saja, ada baiknya kamu kembali ke basic; kamera analog.

 

Menurut beberapa pakar fotografi, warna yang dihasilkan teknologi kamera jaman dahulu itu hampir mendekati sempurna. Kamera analog memiliki warna yang lebih solid dan garis yang terang.

4. Proses Cetak yang Seru
Jika kamu sering menggunakan kamera digital, pasti kamu dengan mudah menyimpan dan mencetak foto yang kamu jepret. Semua karena kamera digital punya teknologi canggih yang serba instan dan mudah.

 

Faktanya, terkadang berburu foto yang tinggal jepret dan cetak itu sering terasa membosankan. Berburu foto menggunakan kamera pocket analog bisa menghadirkan keseruan tersendiri. Hal itu karena kamera analog punya proses pencetakan foto yang lebih panjang namun menyenangkan.

5. Mudah Dibawa
Yang namanya traveling itu pasti menghindari keribetan. Supaya gerak kita lebih leluasa, mengurangi beban bawaan memang sebuah hal yang wajib dilakukan.

 

Photo by Sylwia Bartyzel via Unsplash

Kamera pocket analog rata-rata punya bobot ringan dan mudah dibawa. Bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mau traveling simple dan flexible.