tiket pesawat

,

Inilah Alasan Kenapa Lampu Kabin Pesawat Harus Dimatikan Saat Hendak Terbang atau Mendarat

Sore itu, Udin (bukan nama sebenarnya), hendak pergi ke luar kota untuk melanjutkan kuliah. Udin pergi dari rumahnya di Subang, untuk melanjutkan kuliah salah satu universitas ternama di Yogyakarta. Keuangan bapaknya yang seorang lurah ternama, memang membuatnya memungkinkan Udin untuk pergi naik pesawat. Uniknya, ini adalah kali pertama Udin bepergian naik pesawat. Bepergian naik pesawat itu emang enak banget. Selain cepat, naik pesawat itu juga nyaman. Apalagi sekarang ada banyak promo tiket pesawat yang membuatnya semakin mudah untuk dijangkau.

Tapi, bukan soal Udin yang pertama kali naik pesawat, melainkan pertanyaan si Udin yang heran banget kenapa lampu di dalam kabin harus mati saat pesawat hendak lepas landas atau hendak mendarat. Pikirnya, apakah karena Udin beli tiket pesawat murah, lalu lampunya diirit-irit? Bukan, bukan karena itu kok, Sobat Tiket. Sebelum kamu berkhayal enggak jelas, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa lampu kabin pesawat harus dimatikan saat lepas landas atau mendarat.

1. Emang Standarnya Begitu

Setiap transportasi umum, entah itu darat, laut, atau udara, pasti selalu punya yang namanya standar keamaan. Begitu juga dengan pesawat, demi keselamatan yang maksimal, otoritas penerbangan pastinya telah membuat beberapa standar keselamatan.

Sumber

Setiap standar keamanan terbang, sudah diatur oleh sebuah lembaga bernama Federal Aviation Administration. Lembaga ini memang memiliki otoritas khusus untuk menentukan standar keamanan pesawat. Enggak cuma soal mematikan lampu, federasi ini juga menentukan beberapa standar lainnya, seperti larangan menyalakan handphone saat terbang.

2. Biar Enggak Buta Sesaat

Kedengerannya seram yah, tapi memang hal tersebut cukup memungkinkan untuk terjadi. Ya, selain sebagai penunjuk arah saat melakukan evakuasi, cahay pada lampu kabin juga turut menentukan kemampuan adaptasi mata kita.

tiket pesawat
By Suhyeon Choi – Via Unsplash

Dari segi science, jika satu ruangan kabin dalam keadaan terang benderang, sedangkan di luar dalam keadaan gelap, hal tersebut dapat menimbulkan efek buta sesaat. Hal itu karena manusia perlu waktu untuk beradaptasi pada cahaya.

3. Supaya Evakuasi Berlangsung 90 Detik

Pada saat darurat, seperti kecelakaan pesawat, atau situasi lainnya yang mengharuskan terjadinya proses evakuasi, semua hal terasa begitu cepat. Kepanikan akan membuat banyak waktu terbuang.

Sumber

Dalam situasi panik, tentunya akan membuat proses evakuasi semakin sulit. Maka dari itu, pemadaman lampu merupakan strategi khusus untuk mempermudah proses evakuasi. Standar waktu evakuasi adalah 90 detik.

4. Situasi Luar Pesawat Terpantau Jelas

Dengan situasi yang agak gelap, para kru pesawat dapat melihat keadaan di luar pesawat dengan jelas.

Dengan begitu, para kru pesawat tentunya akan dapat merancang strategi evakuasi yang tepat.

5. Biar Ditanya

Masih bingung kenapa lampunya dimatiin? Sebenarnya ada satu alasan lagi sih, yaitu “biar ditanya”.

By: Mpulelo Macu – Via Unsplash

Iya, coba saja lampunya terus menyala, kamu pasti enggak akan sadar, dan enggak akan bertanya banyak soal ini.