, ,

7 Aturan Dasar Packing Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Traveling

Entah untuk urusan bisnis atau sekadar liburan bersama keluarga, pasti kita semua pernah mengalami satu hal yang namanya traveling. Ya, setidaknya kita pernah mengalami kegiatan bepergian dari satu kota ke kota lainnya sebanyak satu kali dalam hidup kita. Lagipula, Indonesia itu sebuah negara yang luas dengan berbagai keindahan budaya dan panorama alamnya. Yakin kamu enggak mau pergi liburan keliling Indonesia, dan lebih memilih diam di rumah saja sambil nonton sinetron yang begitu-begitu saja?

Bicara soal bepergian, pastinya erat banget kaitannya dengan packing atau berkemas. Terkadang, mungkin kita merasa sudah melakukan packing dengan benar, namun faktanya masih saja tas dan koper kita terasa sangat penuh dan akhirnya barang bawaan pun tidak terkoordinir dengan baik. Nah, Sobat Tiket, bisa jadi itu karena kamu belum memahami aturan dasar tentang packing. Supaya enggak keteteran lagi, berikut ini adalah beberapa aturan dasar tentang packing yang harus kamu ketahui sebelum traveling.

1. Bawa Separuh Baju, Dan Uang Lebih.
Namanya bepergian jauh, pastinya kamu akan membutuhkan lebih dari satu hari untuk menjalankannya. Untuk itu, stok pakaian yang cukup sangatlah dibutuhkan. Tapi, bukan berarti semua bajumu harus kamu bawa. Maksimal, bawa separuh dari baju yang biasa kamu pakai dan bawa uang lebih. Uang lebih tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli baju baru atau souvenir di tempat tujuan liburanmu.

2. Bawa Yang Perlu Dibawa
Ya, kamu kan hanya pergi untuk sementara, bukan ingin pindah rumah. Jadi, bawalah barang yang perlu-perlu saja. Bagaimana caranya? Buatlah daftar skala prioritas atas barang-barang yang hendak kamu bawa. Mulai dari barang yang harus banget kamu bawa, hingga barang yang enggak penting untuk dibawa.

3. Jangan Manja
Manja itu pangkal dari segala yang berbau “over thinking”. Karena manja, kamu jadi beranggapan bahwa kamu harus membawa banyak barang untuk membuat perjalananmu nyaman dan aman. Padahal, traveling tidak seseram itu. Akhirnya, karena kamu terlalu takut, kamu pun membawa barang-barang yang tidak seharusnya kamu bawa, yang justru merepotkan dirimu sendiri.

4. Letakkan Stiker “Fragile” Pada Barang Pecah Belah
Tidak hanya barang pecah belah saja, hal ini juga berlaku pada barang-barang yang kamu anggap penting. Dengan menempelkan stiker, setidaknya barang-barangmu mendapat perhatian lebih saat loading di bandara. Yaaa..meskipun tidak 100% aman sih. Namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba hal ini sebagai pencegahan, Sobat Tiket.

5. Jeans & Jaket Itu Makan Tempat Banget
Teksturnya yang tebal dan sulit dilipat membuat jeans dan jaket agak memakan ruang dalam koper. Untuk itu, kamu harus memperhatikan ruang untuk dua jenis barang ini dalam proses berkemas kamu. Jika dirasa penting, lebih baik membawa satu jaket saja yang cocok untuk segala situasi. Begitu pula dengan jeans. Membawa banyak celana panjang jeans seringkali berakhir sia-sia karena akhirnya kamu hanya perlu menggunakan satu jenis celana jeans saja.

6. Enggak Perlu Bawa Peralatan Mandi Banyak-Banyak
Di setiap hotel di manapun kamu pergi, pasti menyediakan berbagai alat mandi seperti sabun dan shampoo. Lagipula, saat ini banyak sekali minimarket dan warung di setiap sudut kota. Jadi, jika kopermu tidak besar dan peralatan mandi kamu tidak khusus, rasanya kamu tidak perlu membawa keperluan mandi banyak-banyak. Satu buah sikat gigi seperti sudah cukup.

7. Pisahkan Barang Elektronik Dalam Satu Kantong
Barang elektronik seperti charger terkadang sangat rentan dengan air dan kelembaban. Untuk itu, lebih baik kamu menyediakan kantong khusus untuk barang-barang ini. Hal itu karena baju kotor terkadang masih meninggalkan kadar air dan kelembaban yang cukup tinggi yang dapat menyebabkan gangguan pada barang-barang elektronik kamu.

Well, sekarang sudah tahu, kan, hal penting yang harus kamu perhatikan saat packing? Jika kamu masih bingung bagaimana cara packing yang baik dan benar, video di bawah ini sepertinya bisa membantu. Selamat traveling, Sobat Tiket.

[fbcomments]