, , ,

6 Hal yang Bikin Kamu Pengen Mudik Naik Kereta Api

Lebaran hampir tiba, orang-orang pasti sudah mulai merencanakan mudik. “Rutinitas” pra-mudik mulai dilakukan; dan yang paling seru: berburu tiket!

Dahulu, orang berpikir dua sampai tiga kali kalau mau mudik menggunakan moda kereta api. Alasannya: sumpek, panas, penumpang desak-desakan, banyak pedagang asongan, pengamen, bahkan copet. Enggak heran deh, kalau masih saja ada orang yang rela bermacet-macetan di jalanan menggunakan mobil (bahkan motor!) pribadi untuk mudik.

Tapi, itu dulu! Kereta api yang sekarang jauuhhh lebih oke. Bisa lah, dibilang sudah setaraf internasional. Ini buktinya:

1. Adem
Dulu, fasilitas AC hanya ada di kelas eksekutif. Sisanya hanya pakai kipas angin geleng-geleng di langit-langit. Sekarang, semua kelas udah adem. Enggak ada lagi istilah kelas kambing, ya kan?

2. Aman
Mulai dari stasiun sampai di dalam kereta, sistem keamanan diperketat. Yang bukan penumpang jangan harap bisa masuk sampai peron. Untuk klarifikasi tiket kereta, semua data di tiket kereta harus dicocokkan dengan data di kartu identitas penumpang. Kalo benar-benar sesuai, baru deh, boleh masuk peron.

3. Lega
Dulu, kereta api, apalagi kelas ekonomi dan bisnis, identik dengan situasi desek-desekan, ribet nge-lompatin penumpang “liar” yang selonjoran di lantai lantaran cuma beli “tiket atas”, atau tiket yang dibayar di atas. Sekarang, praktik macam itu sudah enggak ada. Tiket yang dijual disesuaikan dengan banyaknya bangku. Pengasong dan pengamen sudah tidak boleh masuk kereta, lho!

4. Banyak petugas
Kereta api masa kini sudah kayak pesawat terbang, ada “pramugari-pramugara”-nya. Dan jangan bayangkan petugas dengan tampang seram dan berbicara ketus; petugas kereta api sekarang ganteng dan cantik, dengan seragam layaknya pramugari, terutama saat liburan seperti Lebaran atau Natal.

5. Anti lowbat
Iya, satu fitur dewa buat para techie traveller sudah ada di sebagian kelas kereta api: colokan listrik! Jangankan ngecharge HP, buka laptop sambil mengerjakan tugas atau nonton film sepanjang perjalanan juga terakomodasi.

6. Enggak pake antre
Beli aja di online! Bisa beli lewat website resmi KAI atau lewat agen tiket online seperti Tiket.com. Apalagi sekarang PT KAI juga tidak menyediakan loket karcis di stasiun. Gampang, cepet, enggak pake antre! Apalagi, sekarang tiket kereta api sudah bisa dibeli sejak H-90 di Tiket.com. Daripada mudik naik mobil sendiri di jalan berhari-hari, cobain deh, naik kereta api. Dijamin pengen lagi!

Pesan tiket kereta api Anda sekarang juga hanya di Tiket.com.