, ,

5 Tingkah Laku Karyawan Menjelang Libur Akhir Tahun

Desember akhirnya tiba. Bulan ke-12 dalam kalender masehi ini memang selalu dinantikan oleh banyak orang, termasuk para pekerja. Bukan hanya sebagai penanda berakhirnya sebuah tahun, Bulan Desember juga hadir sebagai penanda bahwa sukacita libur akhir tahun akan tiba sebentar lagi.

Percaya atau nggak, bagi banyak pekerja, apalagi karyawan, akhir tahun itu ibarat oase di tengah padang gurun. Konsentrasi sudah mulai terpecah antara pekerjaan, bonus, dan kembang api tahun baru. Ya, namanya juga karyawan, pasti ada saja tingkah laku unik yang terjadi menjelang libur akhir tahun.

Bicara soal tingkah unik, berikut ini adalah beberapa tingkah laku yang biasa dilakukan karyawan menjelang libur akhir tahun. Apakah kamu salah satunya, Sobat Tiket?

1. Bersahabat Dengan Kalender
Sejatinya, ada dua alasan seseorang, termasuk karyawan, bersahabat dengan kalender. Yang pertama, karena isi dompet yang mulai menipis. Yang kedua, karena musim liburan akan segera tiba.

Untuk alasan yang kedua, rasanya akan lebih sering dilakukan oleh mereka yang ingin pergi liburan akhir tahun. Bahkan, karyawan yang biasanya suka lupa hari, akan mendadak ingat tanggalan. Tujuannya, nggak lain karena ingin mengatur strategi agar cuti tidak diserobot rekan satu kantor.

2. Rajin Ngobrol Dengan HRD
Bagian HRD biasanya sering menjadi momok bagi para karyawan. Bukan hanya berpengaruh dengan gaji, salah bicara dengan HRD bahkan bisa berpengaruh pada masa kerja kamu di suatu perusahaan.

Tapi entah kenapa, menjelang libur akhir tahun, karyawan justru malah lebih sering mengobrol dengan HRD. Apalagi jika bukan karena ingin melihat jatah cuti dan bernegosiasi soal masa cuti.

3. Kasbon
Liburan akhir tahun tentu akan memakan cukup banyak biaya. Sedihnya, tabunganmu kurang memadai untuk pergi liburan. Padahal waktu gajian masih cukup lama, sekitar 2 minggu lagi.

Untuk itulah kasbon diperlukan. Biasanya, jika dalam keadaan mepet, apapun akan dilakukan. Termasuk pinjam uang ke teman atau kasbon ke kantor. Semua demi mendapatkan modal untuk menjalankan liburan di akhir tahun.

4. Cari Tiket Pesawat
Hal yang satu ini juga menjadi hal unik yang biasanya dilakukan para karyawan menjelang libur akhir tahun. Ya, cari tiket pesawat!
Padahal sebenarnya mereka juga belum pasti akan pergi liburan di akhir tahun ini, tapi aktif banget browsing tiket pesawat.

5. Mendadak Religius
Karena kesibukan yang menerjang tiada henti, kita sebagai karyawan dan pekerja pada umumnya sering lupa untuk melakukan ibadah dan mendekatkan diri pada sang pencipta. Bagi sebagian orang yang gila kerja, beribadah kepada Tuhan itu bisa ditunda.

Tapi berbeda ketika libur akhir tahun tiba. Terkadang, para pekerja mendadak menjadi lebih religius dan sering berdoa. Yang didoakan? Tidak jauh dari soal jatah cuti yang diijinkan.

Mungkin tidak semua karyawan seperti itu, Sobat Tiket. Nah, apakah kamu salah satunya? Yang pasti, tetap semangat menghadapi Bulan Desember ini, yah!