tempat wisata di Sumatera Barat

,

5 Tempat Wisata Keren di Sumatera Barat yang Wajib Kamu Kunjungi

Popularitas Sumatera Barat sebagai destinasi wisata memang tidak sepopuler Bali, Yogyakarta, atau Lombok. Bahkan, jika dibandingkan dengan kawasan lainnya di Sumatera, provinsi ini sepertinya masih kalah populer dibandingkan Aceh, Nias, Sumatera Utara, atau Lampung. Meskipun di dalamnya terdapat kota-kota tujuan wisata seperti Padang dan Bukittinggi, tempat wisata di Sumatera Barat seakan jauh dari perbincangan para pelancong tanah air.

Tapi jangan salah, Sumatera Barat itu ibarat seorang pemalu yang enggak banyak bicara namun siap menggertak. Buat kamu yang ingin pergi liburan, traveling ke berbagai tempat wisata di Sumatera Barat bisa menjadi pilihan. Apalagi, Sumatera Barat punya berbagai tempat wisata keren yang rasanya perlu kamu kunjungi. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata keren di Sumatera Barat yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Air Manis
Main ke pantai sambil melihat “bukti nyata” legenda lokal, Pantai Air Manis adalah tempat yang tepat. Jika kamu sedang main ke Kota Padang dan tiba-tiba teringat akan cerita Malin Kundang, mampirlah ke pantai ini.

 

A post shared by Bheni Rhiady (@bhenirhiady) on

Di sini, selain kamu bisa menemukan lokasi pantai yang indah, kamu juga akan menemukan sebuah relief batu berupa bongkahan kapal dan sesosok manusia yang yang tengah bersujud. Batu berbentuk manusia tersebut konon dipercaya oleh warga lokal sebagai Malin Kundang.

2. Sitinjau Lauik
Sitinjau Lauik biasa disebut juga sebagai Padang Scenic Point. Terletak 1000 meter di atas permukaan laut, kamu bisa menemukan pemandangan dataran tinggi yang indah.

 

A post shared by hafiz (@hafiz_hagiasofia) on

Selain kamu bisa melihat sunset yang indah, kamu juga bisa menikmati hamparan pemandangan pegununngan yang hijau dan menawan.

3. Puncak Gagoan
Kontur tanah Sumatera Barat yang berbukit-bukit membuat kawasan ini memiliki lokasi wisata dataran tinggi yang cukup banyak. Salah satu lokasi dataran yang sering dikunjungi adalah Puncak Gagoan.

 

Terletak di Solok, puncak ini memang memiliki tebing yang curam. Tapi jangan salah, dari atas Puncak Gagoan, kamu bisa menikmati keindahan alam Solok, termasuk keindahan Danau Singkarak yang terkenal .

4. Janjang Seribu
Sobat Tiket pernah mampir ke Tembok China? Kalau belum, tidak perlu jauh-jauh ke Tiongkok karena Bukittinggi punya lokasi serupa.

 

Lokasi tersebut bernama Janjang Seribu, yang dalam bahasa lokal berarti “Tangga Seribu”. Sesuai namanya, lokasi ini mempunya panjang sebesar 1 Km dengan setting tempat menyerepuai Great Wall di Tiongkok. Lokasi ini bisa menjadi alternatif yang tepat buat kamu yang enggan main ke Jam Gadang Bukittinggi.

5. Pulau Mentawai
Terakhir, mari kita sambut sang superstar, Pulau Mentawai. Pesona Mentawai memang telah lama menghipnotis para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

 

Hamparan laut biru yang jernih, pasir putih yang bersih, serta hijaunya alam di sekitar. Siapa pula yang akan menolak jika diajak ke pulau eksotis yang satu ini. Pokoknya, Mentawai punya banyak keindahan untuk diceritakan. Oiya, untuk kamu yang suka surfing, Mentawai adalah destinasi favorit para surfer, loh!

 

Keren kan? So, main ke Sumatera Barat, yuk!

[fbcomments]