situs menawan di Yogyakarta

,

5 Situs Menawan di Sekitar Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi.

Yogyakarta itu terbuat dari rindu dan keindahan. Bisa jadi ungkapan itu benar. Dan rasanya memang Yogyakarta selalu saja menghadirkan keindahan yang membuat kita rindu.Tidak hanya budaya dan kehidupan sosial yang ramah, Yogyakarta juga memiliki segudang tempat-tempat indah yang bisa membuatmu selalu ingin ke sana.

Salah satu tempat menawan yang membuatmu rindu akan Yogyakarta adalah situs-situs sejarah. Ya, Yogyakarta memiliki situs-situs menawan yang wajib banget kamu kunjungi, Sobat Tiket. Traveling ke Yogyakarta rasanya memang belum lengkap jika belum mampir ke situs-situs menawan ini. So, jika kamu berencana untuk pergi liburan ke Yogyakarta, inilah lima situs menawan yang ada di sekitar Yogyakarta.

1. Candi Prambanan

Seribu Candi, begitulah banyak orang menyebutnya. Mungkin kamu sudah sering sekali mendengar candi yang satu ini. Ya, candi ini memang sangat populer. Tidak hanya dikenal di dalam negeri, komplek Candi Prambanan bahkan sudah terkenal di seluruh dunia.

prambanan
via historyhub
dalem prambanan
Via travel-lush

Tahukah kamu, tidak hanya terkenal sebagai Candi Hindu paling indah di dunia, Candi Prambanan juga dikenal memiliki nilai filosofis yang tinggi. Kabarnya, lambang negara kita, Burung Garuda diambil dari relief yang ada di Candi Garuda, salah satu candi yang ada di komplek Candi Prambanan. Selain itu, komplek Candi Prambanan ini kamu juga bisa melihat indahnya sendra tari yang menggambarkan kisah Roro Jonggrang. Kisah legendaris yang juga terdapat pada relief Candi Prambanan.

2. Candi Borobudur

Apa bentuk terbaik manusia untuk mengabdi dan menghormati penciptanya? Tentu ada banyak. Namun jika hal tersebut merujuk pada sebuah karya arsitektur, maka Candi Borobudur adalah jawabannya.

borobudur
Via yallabook
boro_aerial
Via atmann

Dibangun sekitar tahun 800 masehi, candi indah yang bentuknya menggambarkan alam semesta ini memang dibangun sebagai bentuk pengabdian pada sang Buddha. Kini, tempat tersebut tidak hanya menjadi tempat wisata yang seru, namun juga dijadikan tempat beribadah umat Buddha seluruh Indonesia pada saat perayaan Waisak.

3. Candi Ijo

Jika kamu ingin melihat alam sekitar Yogyakarta dari ketinggian, maka kamu bisa mencobanya di Candi Ijo ini. Candi Ijo terletak di komplek Istana Ratu Boko. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-9, di sebuah bukit tinggi bernama Bukit Ijo. Bukit ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 410 meter di atas permukaan laut.

ijo
Via jelajahjogja

Karena ketinggian itulah, tidak heran jika candi ini memiliki reputasi sebagai candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta. Di sini, kamu tidak hanya bisa melihat keindahan alam Yogyakarta dari ketinggian, tetapi nilai filosofis yang terkandung dalam setiap relief candi ini bisa kamu jadikan bahan refleksi untuk kehidupanmu sehari-hari. Dan yang terpenting, melihat sunset di tempat ini tuh keren banget, loh.

4. Candi Mendut

Candi Mendut adalah candi Buddha yang dibangun oleh Raja Indra dari Wangsa Syailendra. Candi ini terletak sekitar 3 km dari komplek Candi Borobudur. Di dalam candi ini, kamu bisa menemukan sisa-sisa kemegahan jaman kerajaan Nusantara pada masa lalu.

mendut
via rantinandrovin

Selain itu, jika kamu melihat candi ini lebih dekat, kamu akan menemukan rangkaian cerita fabel. Mulai dari cerita tentang kura-kura, kera, hingga burung mayar, terdapat di candi ini. Pada malam hari, kamu juga bisa merasakan ritual Chanting, atau ritual meditasi sambil mendengarkan alunan lagu. Tidak harus beragama Buddha, apapun kepercayaanmu, kamu boleh melakukan ritual itu,kok. Pastinya bisa membantu membuat dirimu lebih tenang.

5. Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko terdapat dalam komplek Candi Ratu Boko, atau orang lokal menyebutnya dengan Candi Boko. Meskipun belum diketahui dengan pasti fungsi dari candi ini pada masa lampau, namun di tempat ini kamu bisa menemukan sisa-sisa peradaban yang dilakukan oleh manusia pada jaman tersebut.

boko
Via yogya-backpacker

Nama Ratu Boko berasal dari legenda setempat. Ratu Boko sendiri berarti “Raja Bangau”, yang menurut legenda adalah ayah dari Roro Jonggrang. Tidak hanya bernilai sejarah, tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang seru,loh.

Banyak Pilihan Hotel keren di Yogyakarta yang Bisa Kamu Kunjungi

Ya, meskipun beberapa lokasi ini agak jauh dari Kota Yogyakarta, namun tidak ada salahnya jika kamu memilih atau mengunjungi tempat menginap yang keren di Kota Yogyakarta.

Gallery Prawirotaman

Terletak di Jalan Prawirotaman II, Brontokusuman, hotel ini pas banget buat kamu yang ingin menikmati kenyamanan prawirotaman yang terkenal, dengan suasana yang tenang. Dekorasinya yang simple namun mewah, juga turut membuat kamu makin nyaman menginap di tempat ini.

 

Apalagi, selain fasilitas yang keren dan super nyaman, hotel ini juga punya kolam renang dengan view yang keren.

Whiz Hotel Malioboro

Siapa sih yang enggak tahu dengan kawasan Malioboro? Salah satu landmark atau kawasan ikonik Kota Yogyakarta ini pasti selalu masuk dalam daftar kunjunganmu ketika berkunjung ke Yogyakarta. Jika kamu sedang berkunjung ke Yogyakarta, sambil melihat lokasi-lokasi di atas, menginap di Malioboro juga bisa menjadi pilihan.

Yogyakarta
Via Whizhotels.com

Di kawasan Malioboro, ada hotel keren dan nyaman banget bernama Whiz Hotel. Di sini, kamu akan bisa menemukan hotel nyaman yang sederhana, yang berbalut dengan berbagai dekorasi yang lokal banget. Pokoknya, kamu akan merasakan kehangatan Kota Yogyakarta deh ketika berkunjung ke sini. Oiya, mereka juga view rooftop yang keren dan cozy banget.

Sakanti Hotel Malioboro

Sebagai lokasi ikonik di Kota Yogyakarta, tidak heran di kawasan ini punya banyak hotel-hotel kerena di sekitarnya. Salah satunya adalah Sakanti Hotel Malioboro.

Terletak di Jalan Gowongan kidul, sekilas hotel ini biasa saja jika dilihat dari depan. Hal itu karena modelnya yang seperti apartemen biasa. Namun, jika melihat di dalamnya, ada banyak keindahan yang bisa kamu lihat. Salah satunya adalah suasana kolam renang dan dekorasinya yang keren banget. Minimalis tapi modern.

 

Pesonna Malioboro

Terletak di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Gadean No.3, hotel ini berdiri megah dan cantik dan pastinya siap untuk melayani kebutuhan menginapmu. Seperti namanya, hotel punya segudang pesona di tengah Malioboro. Pokoknya, mereka tahu betul cara membuatmu nyaman selama berada di Yogyakarta.

Selain punya banyak fasilitas yang oke banget, hotel ini juga selalu menyajikan pelayanan yang terbaik. Terbukti dari banyaknya review yang bagus tentang hotel ini. Dari kamarnya pun, kamu bisa menikmati pemandangan Yogyakarta dari ketinggian. Dan kabarnya, sarapan di hotel ini punya cita rasa yang enak banget, loh.

Hotel New Saphir

Jika saat kamu mengunjungi Yogyakarta, ingin menginap di pusat kota yang strategis namun tidak ingin menginap di suasana yang ramai, hotel ini bisa menjadi solusi.

Hotel berbintang 4 yang terletak di Jalan Laksda Adi Sucipto ini, meskipun sederhana, namun punya kualitas dan kenyamanan yang oke banget. Pokoknya, pelayanan dan fasilitasnya mampu mengembalikan tenagamu yang terkuras, untuk kembali melanjutkan petualangan di esok hari.

Well, bagaimana,Sobat Tiket? Jadi nggak sabar untuk pergi ke Yogya, kan?