5 Cara Jaga Dompet Agar Tidak 'Cekak' Saat Liburan

, , ,

5 Cara Jaga Dompet Agar Tidak ‘Cekak’ Saat Liburan

Senang-senang  saat melakukan perjalanan memang sah-sah saja. Namun, apabila kebablasan dan bikin dompet cepat ‘cekak’ nampaknya Sobat Tiket harus sedikit khawatir. Terlebih lagi pas liburan, biasanya Sobat Tiket akan lebih mudah menghamburkan uang dan menahan diri. Nah, sebelum dompet Sobat Tiket ‘cekak’ simak tips berikut ini.

  1. Rincian harus dibuat

Membuat rincian biaya pengeluaran memang terdengar klasik, namun bagi yang menerapkannya selama perjalanan, pasti tahu betul manfaatnya. Yup, pengeluaran akan lebih terjaga dan Sobat Tiket bisa tahu berapa uang yang masih dapat dibelanjakan. Buat rincian pasti mengenai hotel, makan transportasi, oleh-oleh, hiburan, hingga dana tak terduga. Jika dirasa kurang, buat batasan uang yang dapat dibelanjakan di setiap pos dengan begitu dompet Sobat Tiket pasti akan aman.

  1. Cari transportasi terbaik

Banyak transportasi yang dapat Sobat Tiket pilih saat berada di tujuan. Mulai dari naik taksi, bis, kereta listrik hingga sewa mobil. Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya Sobat Tiket membuat perbandingan terlebih dahulu. Naik taksi memang nyaman, namum bis atau kereta listrik tentu lebih hemat. Sewa mobil juga dapat menjadi pilihan terbaik, di samping dapat menghemat waktu juga dapat menghemat pengeluaran lho. Tidak mau biaya transportasi memebengkak karena salah naik bis kan?

  1. Jaga uang dengan benar

Masukan uang dalam dompet dan tata sesuai besarannya, jangan taruh di kantung pakaian atau tas. Hal tersebut dapat membuat uang Sobat Tiket tercecer dan terselip atau bahkan hilang. Sehingga Sobat Tiket tidak dapa membuat estimasi biaya yang telah dikeluarkan selama perjalanan. Jika perlu, pisahkan sesuai dengan pos pengeluaran selama perjalanan agar lebih terkontrol.

  1. Oleh-oleh, beli grosir saja

Banyak cara untuk mendapatkan harga terbaik untuk membeli oleh-oleh, salah satunya dengan membeli secara borongan. Misal, satu barang dihargai IDR 10.000, coba dekati pembeli dan jangan ragu untuk bertanya untuk membelinya dengan harga IDR 50.000 untuk enam barang. Dengan begitu Sobat Tiket bisa mendapatkan lebih banyak oleh-oleh

  1. Jangan jajan terlalu sering ya

Lapar mata atau memang lapar. Inilah kedua hal yang harus bisa Sobat Tiket bedakan. Bolehlah sekali-kali jajan, asal jangan sering-sering ya. Terlebih lagi, biasanya harga jajanan di tempat wisata harganya lebih mahal. Sulitnya, hal ini terkadang tidak dapat dirasakan, tahu-tahu pengeluran sudah membengkak. Bawa bekal dari penginapan bisa bikin pengeluaran lebih terjaga lho.

Sudah siap liburan, jangan lupa jaga dompetnya ya Sobat Tiket.