, ,

5 Cara Asik Makan Sambal Asli Indonesia Yang Harus Kamu Coba

Indonesia itu kaya sekali akan kulinernya. Dari ujung barat, hingga ujung timur, Indonesia punya lebih dari segudang jenis kuliner yang unik. Ya, unik karena berbeda antara satu dengan yang lainnya. Meskipun mungkin terkadang mirip antara satu dengan menu lainnya, namun tetap saja setiap menu kuliner asli Indonesia itu punya keunikan masing-masing dalam hal cita rasa dan penyajian. Setuju, ya?

Bicara soal kuliner, orang Indonesia itu tidak pernah bisa lepas dari yang namanya sambal. Hal itu terlihat banget dari banyakanya jumlah variasi sambal yang ada di Indonesia. Tidak hanya di Pulau Jawa, aneka menu sambal ini juga bisa kamu temui di belahan wilayah lainnya di Indonesia. Mulai dari Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, semuanya punya ciri khas sambal tersendiri.

Nah, berbeda jenis sambal, beda pula cara makannya. Sobat Tiket, saat kamu pergi traveling keliling Indonesia, kamu akan menemukan banyak cara menyantap sambal yang asik. Namun berikut ini adalah beberapa cara menyantap sambal yang harus kamu coba.

1. Dengan Lalapan
Di beberapa daerah di Pulau Jawa, terutama di Jawa Barat, sambal adalah sebuah menu yang rasanya wajib banget ada dalam setiap acara makan. Dan uniknya, mereka punya cara tersendiri untuk menyantap sambal, yaitu dengan lalapan.

lalapan
Sumber

Buat kamu yang belum tahu, lalapan adalah sebutan untuk berbagai macam sayuran yang dijadikan sebagai teman menyantap sambal. Jenisnya pun bervariasi, ada yang dimasak dahulu, ada juga yang disantap mentah-mentah.

2. Dibuat Sebagai Olahan Lain
Selain enak sebagai teman makan nasi, sambal juga terkadang enak banget untuk dijadikan bahan dasar untuk menu makanan lain. Seperti menu nasi goreng misalnya. Terkadang, karena bahannya yang kaya, sambal juga bisa langsung dimasak menjadi nasi goreng yang enak.

nasgor
Nasi Goreng. Sumber

Itulah mengapa terkadang sambal sisa di rumah tidak langsung dibuang. Ya, setidaknya sambal sisa makanan malam hari bisa menyelamatkan sarapan kamu di esok hari.

3. Pakai Lauk
Cara asik lainnya untuk menyantap sambal adalah dengan menggunakan lauk. Di beberapa daerah di Indonesia, sambal memang dijadikan sebagai menu pendamping lauk. Tidak hanya nikmat, mencocolkan lauk pauk ke dalam sambal juga mampu memberikan cita rasa tersendiri di mulut kamu.

ayam goreng
Sumber

Ada berbagai macam lauk pauk yang bisa kamu nikmati. Mulai dari menu biasa seperti ikan, daging sapi atau ayam, hingga yang lumayan tidak biasa dikonsumsi seperti daging kelelawar atau babi. Bahkan, memakan sambal pakai tahu dan tempe juga tetap terasa enak kok.

4. Pisang Goreng
Yang ini mungkin masih terdengar aneh untuk sebagian orang. Ya, hal itu karena pisang goreng dikenal memiliki cita rasa yang manis. Sangat berbeda dengan mayoritas jenis sambal di Indonesia yang memiliki cita rasa asin dan asam. Hal itu membuat pisang goreng dipercaya tidak akan cocok jika dimakan dengan sambal. Terdengar aneh, meskipun beberapa daerah di Indonesia Timur sudah terbiasa dengan hal ini.

roa
Pisang goreng sambal roa. Sumber

Ya, siapa sangka ternyata memakan sambal dengan pisang goreng cukup membuat lidah kamu bergetar. Sobat Tiket, memakan pisang goreng dengan sambal bisa menjadi salah satu cara yang asik dan tidak terduga untuk menyantap sambal, loh. Buat kamu yang suka bereksplorasi, cara ini rasanya patut kamu coba. Namun, meskipun begitu, sepertinya tidak semua sambal bisa cocok. Sebagai rekomendasi, mungkin kamu bisa mencobanya dengan sambal terasi atau saus sambal terlebih dahulu. Atau sambal roa khas manado juga bisa menjadi alternatif untuk menyantap pisang goreng.

5. Dimakan Langsung
Cara asik untuk menyantap sambal yang terakhir adalah dengan menikmatinya secara langsung. Ya, terkadang sambal itu juga bisa berfungsi sebagai lauk. Hal itu karena terkadang sambal juga sudah dilengkapi dengan berbagai menu lauk. Sebut saja seperti sambal tempe, atau sambal ikan teri.

sambal teri
Sambal ikan teri. Sumber

Dengan hadirnya lauk pelengkap dalam nasi, kamu jadi tidak perlu ribet dan bingung untuk mencari lauk pendamping. Langsung saja dimakan dengan nasi hangat, dan bersiaplah menerima kenikmatan yang tidak akan pernah bisa kamu dustakan.

Nah, Sobat Tiket, kalau kamu, lebih suka pakai cara apa dalam menyantap sambal?

[fbcomments]